Awalnya Pelangi, Kini Sandang Nama Jembatan Cinta Cihoe

Peresmian Jembatan Gantung Kolaborasi Kodim dan BJB

POTONG PITA: Penjabat Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc, Dandim 0620 Letkol Arh Adhi Kurniawan, Sekda Drs H Rahmat Sutrisno MSi, perwakilan BJB dan Muspika Ciledug, memotong pita sebagai tanda dibukanya Jembatan Cinta Cihoe (JCC). FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON
POTONG PITA: Penjabat Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc, Dandim 0620 Letkol Arh Adhi Kurniawan, Sekda Drs H Rahmat Sutrisno MSi, perwakilan BJB dan Muspika Ciledug, memotong pita sebagai tanda dibukanya Jembatan Cinta Cihoe (JCC).FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Secara geografis, Desa Ciledug Wetan dilintasi dua sungai besar yakni Sungai Cijangkelok dan Sungai Cisanggarung. Tidak hanya itu, ada juga anak-anak sungai lainnya.

Sehingga, membuat mobilitas warga sekitar begitu membutuhkan dan bergantung dengan keberadaan jembatan.

Ada jembatan yang secara fisik dan konstruksi nyaris sama dengan jembatan lainnya. Namun ada juga jembatan yang begitu beda jika dilihat secara seksama.

Salah satu jembatan yang terlihat mencolok dan berbeda dengan jembatan lain adalah jembatan gantung baru yang pada Rabu (15/5) kemarin, dibuka oleh Penjabat Bupati Cirebon, Dr Ir H Dicky Saromi MSc.

Jembatan yang sebelumnya dikenal dengan nama jembatan pelangi ini, resmi berganti nama menjadi Jembatan Cinta Cihoe (JCC). Penamaan itu dilakukan Camat Ciledug, H Solihin HS setelah melihat jika jembatan tersebut bisa menjadi spot foto yang menarik, karena baru ada di Blok Cihoe.

“Jembatan ini setelah hasil rundingan dengan warga, pemdes dan di kecamatan, kita beri nama Jembatan Cinta Cihoe atau disingkat JCC. Biar mudah diingat dan diucapkan,” ujar Camat Ciledug, H Solihin HS.

Menurut Solihin, JCC tersebut dibangun TNI dan dibiayai oleh BJB melalui program CSR. Pihak desa dalam hal ini merupakan penerima manfaat dari program tersebut, dan setelah menunggu beberapa waktu akhirnya pembangunan tuntas dan saat ini bisa langsung digunakan warga.

“Tentu atas nama Pemerintah Kecamatan kami berterima kasih dengan apa yang sudah dilakukan bapak Bupati, BJB dan Kodim Sumber. Ini sangat membantu untuk mobilitas warga,” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc menyampaikan apresiasinya kepada pihak pelaksana yang dalam hal ini Kodim 0620 yang sudah mengerjakan pembangunan jembatan dengan hasil memuaskan.

“Terima kasih atas hasil pekerjaannya Pak Dandim, ini bagus sekali. Saya minta Pak Camat dan Pak Kuwu merawat jembatan ini agar awet,” ungkapnya. (dri)