Bakal Ada Penangkaran Buaya di Bandorasa Kulon

PENANGKARAN-BUAYA
BELUM JADI: Pekerja masih mengerjakan pembangunan rencana kolam penangkaran buaya di Bandorasa Kulon, Kabupaten Kuningan. Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Di sekitar kawasan kaki Gunung Ciremai yang masuk wilayah Desa Bandorasa Kulon, saat ini sedang dibangun tempat penangkaran buaya. Lokasi yang tepatnya berada di Blok Pon sekitar 1 kilometer dari permukiman warga itu sudah dibangun tembok keliling dan pintu gerbang terbuat dari besi.

Pantauan Radar Kuningan di lokasi, terlihat kolam-kolam dangkal yang belum jadi dengan sejumlah pekerja di dalamnya. Tak ditemukan buaya di kolam tersebut, hanya para pekerja yang tengah membuat adukan semen dan membenahi kolam-kolam tersebut.

Salah seorang pekerja yang mengaku sebagai pengelola tempat tersebut Azis, membenarkan tempat yang sedang dalam proses pembangunan tersebut rencananya akan dijadikan penangkaran buaya.

“Baru rencana, di lokasi ini akan dijadikan tempat penangkaran buaya. Pemiliknya orang Japara yang sudah lama tinggal di Jakarta,” ungkap Azis kepada Radar, Selasa (16/7).

Namun demikian, Azis mengaku belum tahu persis bagaimana dan berapa banyak buaya yang akan ditangkarkan di lokasi tersebut. Termasuk konsep tempat tersebut apakah hanya fokus penangkaran buaya atau sekaligus tempat wisata.

“Rencananya tahun ini akan diresmikan dengan mengundang banyak pihak termasuk dari Pemerintah Kabupaten Kuningan. Namun masih dipertimbangkan apakah ini hanya fokus penangkaran atau juga wisata, saya belum tahu,” ujar Azis.

Aziz menjelaskan, luas lahan penangkaran buaya tersebut sudah dibebaskan tanah seluas 3 hektare. Namun saat ini masih fokus pembangunan kolam penangkaran berukuran puluhan meter saja.

Terkait kekhawatiran warga dengan kemungkinan buaya tersebut akan lepas dan mengganggu ketentraman warga, Azis mengatakan, sekeliling kolam penangkaran telah dibuat tembok tinggi sebagai pagarnya. Dengan demikian, sangat kecil kemungkinan buaya tersebut akan lepas ke alam dan mengganggu masyarakat sekitar.

“Keberadaan tempat penangkaran buaya ini pun sudah punya izin dari BKSDA. Oleh karena itu pada saat launching yang direncanakan tahun ini pun kami akan mengundang dari Pemkab Kuningan termasuk media. Insya Allah keberadaan penangkaran buaya ini akan aman dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” terangnya. (fik)