Barcelona vs Levante, Hentikan (Lagi) Perjudian

Barcelona-vs-Levante
Ilustrasi.

BARCELONA – Kemenangan 1-0 atas Levante sudah cukup untuk mengantarkan Barcelona ke babak delapan besar Copa del Rey. Bermain di Camp Nou, harusnya itu bukan misi sulit bagi pasukan Ernesto Valverde.

Statistik pertemuan kedua klub di Camp Nou menunjukkan Barca sangat superior. Dalam lima duel terakhir, Barcelona menyapu bersih kemenangan. Termasuk pada pertemuan paling anyar di ajang La Liga pada Januari 2018 silam. Barca menang 3-0 atas Si Katak, julukan Levante.

Tak hanya memenangkan kelima pertandingan kandang beruntun atas Levante. Raksasa Catalan yang baru saja menang 3-0 atas Eibar di La Liga juga rutin berpesta gol. Total, Blaugrana melesakkan 20 gol atau rata-rata empat gol per pertandingan dan hanya kebobolan sekali.

Akan tetapi, Barcelona pastinya tidak akan mau berjudi dengan memainkan sebagian besar pemain lapis kedua, dini hari nanti WIB. Belajar dari pengalaman leg pertama saat mereka kalah 1-2 di Stadion Ciudad de Valencia, akan sangat berbahaya bagi Barca jika mempercayakan laga penentuan ini pada pemain muda.

Pada pertemuan pertama, pelatih Barca, Ernesto Valverde, memainkan sejumlah penggawa dari tim B. Yakni Jua Miranda dan Juan Brandariz. Itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tuan rumah untuk mencetak gol.

Pemain Barca, Jordi Alba juga berharap mereka bermain dengan kekuatan terbaik menghadapi Levante. Dia siap kembali ke posnya di sektor bek kiri. “Setiap pemain ingin berada di setiap pertandingan. Terserah pelatih. Tentu akan membawa tim yang kompetitif,” kata Alba.

Alba sebelumnya tidak dibawa ke Valencia bersama bintang lainnya seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique, serta Ivan Rakitic. Pada laga itu, hanya Sergio Busquest yang menjadi langganan starter yang dimainkan sejak awal.

Hanya butuh hasil imbang untuk menyingkirkan Los Cules dan melaju ke delapan besar, kubu Levante bertekad melanjutkan kejutan. Menurut pelatih Paco Lopez, mereka akan mencoba memainkan pertandingan yang sama. “Niat kami adalah untuk bersaing dengan cara yang sama dan berpikir sama,” tegas Paco dikutip Marca.

Levante membawa modal kurang bagus ke Barcelona setelah kalah 0-1 dari Atletico Madrid di pekan ke-19 La Liga. Namun, Lopez yang tidak punya masalah cedera baru atau sanksi percaya hasil itu tidak akan mempengaruhi ambisi timnya. (amr)