Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Awasi Pemilu

BAWASLU-MAJALENG2
BERI PEMAHAMAN: Ketua Bawaslu Jabar Abdullah STP memberikan materi di acara sosialisi pengawasan pemilih pemula. FOTO: ANDI AZIS MUHTAROM/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Majalengka melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula dalam rangka pemilihan umum DPR, DPRD provinsi, DPRD kota/kabupaten, DPD, presiden dan wakil presiden (pemilu serentak) tahun 2019 di Aula RM Nera Majalengka, Rabu (19/12).

Soailiaasi ini selain dihadiri oleh ketua, anggota dan koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Majalengka juga dihadiri oleh ketua serta jajaran kesekretariatan Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

“Agenda ini pesertanya diikuti oleh 100 orang pemilih pemula dari SMA/SMK/MA sederajat, pensiunan TNI dan Polri di Kabupaten Majalengka,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka H Agus Asri Sabana SAg MSi, kemarin.

Lebih lanjut, dikatakan Agus, kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya mendorong pemilih pemula datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya tapi juga mendorong partisipasi pemilih pemula ikut serta mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum dan melaporkan dugaan pelanggaran yang di temukan kepada pengawas pemilu sesuai mekanisme yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah STP menambahkan, dengan sosialisasi ini ingin membuka pandangan tentang pemilu,memberikan pemahaman kepada pemilih pemula terkait ketentuan dan larangan dalam proses penyelenggaraan tahapan pemilu.

“Karena pemilih pemula ini masih punya pemahaman awal konsep pemilihan itu bagaimana, sehingga kita harus berikan pemahaman, apa itu pemilu dan bagaimana pelaksanaannya,” ujarnya. (azs)