Begini Curhatan Petani Indramayu ke Cagub Jabar

serap aspirasi petani (1)
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaiku bersama petani di Kecamatan Jatibarang.FOTO:ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Pasokan air seolah menjadi mimpi buruk yang selalu menghantui petani Indramayu. Karena selalu mengancam hasil panen, para petani menyampaikan keluh kesahnya pada Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Ahmad Syaikhu yang berkunjung ke Indramayu, belum lama ini. Dalam pertemuan itu, petani meminta ada perbaikan di tata kelola air. Jika hal itu dilakukan, masalah kekeringan bisa dihindari.

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu mengatakan, meski sudah ada Waduk Jatigede, pasokan air masih belum memenuhi kebutuhan petani di Indramayu. Ia mengatakan perbaikan tata kelola air bisa dilakukan lewat kerja sama dengan pengelola Waduk Jatigede dan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Syaikhu mengatakan, sebagai lumbung padi nasional, Kabupaten Indramayu harus mendapat perhatian lebih di bidang pertanian. “Ini akan jadi program kita nantinya. Perbaikan tata kelola pengairan, mulai dari saluran air, agar air sampai ke petani dengan maksimal,” ujarnya.

Masalah ini, kata dia, harus ditanggapi serius. Jangan sampai minimnya pasokan air membuat petani akhirnya malas menggarap lahannya. Jika hal itu terjadi, peluang terjadinya alih fungsi lahan semakini tinggi. “Dan kalau hal itu benar-benar terjadi, ketahanan pangan terancam,” ujarnya.

Sementara, salah satu petani asal Kecamatan Jatibarang, Makmud (50) mengapresiasi kedatangan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomer urut 3, Ahmad Syaikhu yang mendengarkan keluhan dari petani. Ia berharap keluhan yang dilontarkan para petani bisa diakomodir dan dicarikan solusi jika Syaikhu terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat nanti.

“Mudah-mudahan saja, jika Ahmad Syaikhu terpilih, ia bisa lebih memperhatikan kebutuhan petani, khususnya saat musim kemarau dan masalah air,” jelasnya. (oni)

Berita Terkait