Belgia Puncaki Klasemen Grup I

Michy Batshuayi (kiri) mencetak gol kedua untuk Belgia ke gawang Siprus pada laga Grup I kualifikasi Euro 2020, Senin (25/3) pagi WIB. FOTO: PHILIPPOS CHRISTOU/AP
Michy Batshuayi (kiri) mencetak gol kedua untuk Belgia ke gawang Siprus pada laga Grup I kualifikasi Euro 2020, Senin (25/3) pagi WIB.FOTO: PHILIPPOS CHRISTOU/AP

NIKOSIA–Belgia memuncaki klasemen sementara Grup I setelah mengalahkan Siprus di Neo GSP Stadium, Senin (25/3) pagi WIB. Pertandingan matchday kedua babak kualifikasi Euro 2020 tersebut dimenangkan Belgia dengan skor 2-0.

Belgia tampil dengan kekuatan penuh. Menggunakan formasi 4-3-3, Setan Merah –julukan Belgia- mendomoniasi hampir seluruh lini. Tim besutan Roberto Martinez unggul 61% penguasaan bola dan melepaskan 13 sepakan dengan 6 di antaranya mampu menemui sasaran.

Sementara itu, Siprus yang cuma mengandalkan serangan balik, cuma mencatatkan tujuh tembakan dan hanya satu yang on target. Belgia tidak perlu menunggu waktu lama untuk unggul lebih dulu. Adalah Eden Hazard yang mencetak gol dalam laga ke-100-nya bersama Timnas Senior Belgia di menit ke-10.

Selepas gol tersebut, Belgia semakin mendominasi. Tapi, amun rumput sintetis yang digunakan membuat pemain Belgia kesulitan beradaptasi. Beruntung mereka memimiliki striker berbahaya macam Michy Batshuayi. Delapan menit usai Hazard mencetak gol pertama, pemain berusia 25 tahun tersebut mampu mecetak gol.

Dua gol pada laga tersebut tak berubah meski kedua tim melakukan serangan-serangan berbahaya. Hingga pertandingan berakhir, Belgia berhasil mengamankan keunggulan 2-0. Kemenangan Belgia ini membuat mereka memuncaki klasemen Grup I dengan raihan 6 poin, hasil dari dua kemenangan beruntun di laga kualifikasi Piala Euro 2020. Sedangkan Siprus di peringkat empat dengan 3 poin.

Di laga Grup I lainnya, Skotlandia berhasil mengalahkan tuan rumah San Marino 2-0. Hasil ini membuat Skotlandia di peringkat lima (3 poin), dan San Mariono di posisi buncit dengan 0 poin. (mid)

KLASEMEN SEMENTARA GRUP I

  1. Belgia 2              2              0              0              5              1              4              6
  2. Rusia 2              1              0              1              5              3              2              3
  3. Kazakhstan 2              1              0              1              3              4              -1            3
  4. Siprus 2              1              0              1              5              2              3              3
  5. Skotlandia 2              1              0              1              2              3              -1            3
  6. San Marino 2              0              0              2              0              7              -7            0