Bercerita, Puisi dan Pidato Tumbuhkan Minat Baca

BANGGA: Para pemenang lomba bangga menerima hadiah dalam ajang perlombaan bercerita tingkat SD tahun 2019 se-Kabupaten Cirebon, Selasa (23/4). FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON
BANGGA: Para pemenang lomba bangga menerima hadiah dalam ajang perlombaan bercerita tingkat SD tahun 2019 se-Kabupaten Cirebon, Selasa (23/4).FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon menggelar lomba bercerita tingkat SD, lomba puisi dan pidato tingkat SMP se-Kabupaten Cirebon, Selasa-Kamis (23-25/4).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Suhartono SSos MM mengatakan, kegiatan tersebut rutin diselenggarakan, dengan tujuan menumbuhkembangkan budaya dan gemar membaca bagi anak melalui berbagai bacaan.

Melalui perlombaan itu juga, dapat menanamkan kebudayaan bangsa, membangun karakter, kecerdasan dan inovasi daya kompetitif bangsa.

“Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan sikap berani anak berbicara di depan publik. Lalu bakat dan minat pelajar dengan sendirinya dapat tumbuh,” kata Suhartono saat dijumpai Radar Cirebon, (23/4).

Selain untuk meningkatkan minat baca pelajar, lanjut dia, melalui ajang ini juga berharap dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pelajar di Kabupaten Cirebon.

Dikatakannya, untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin canggih dengan tantangan yang begitu kompleks, maka para generasi bangsa perlu dibekali kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sehingga tidak hanya sehat secara intelektual, namun juga menguasai bidang-bidang ilmu lainnya. Dan otaknya tidak hanya diisi dengan ilmu-ilmu pengetahuan, tetapi juga hatinya diisi dengan ilmu-ilmu keagamaan.

“Melalui perlombaan ini juga, sebagai upaya untuk meningkatkan pengembangan minat baca. Karena membaca adalah pelopor pembangun generasi muda dan bahasa. Hal itu mempererat komunikasi sosial serta kecintaan terhadap budaya literasi nasional.

Karena teknologi informasi telah menjauhkan anak-anak dari gemar membaca dan berkomunikasi dengan dunia luar,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pembinaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Kania Agustina SKM menambahkan, membaca merupakan sumber pengetahuan dan inspirasi.

“Banyak membaca memberikan manfaat yang besar. Dengan membiasakan membaca, tidak akan ketinggalan informasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam lomba bercerita tingkat SD ini, untuk juara I diraih Saoghi Khasna dari SDN 1 Munjul, juara II oleh Afifa Adhilla dari SDN Tersana Baru, juara III diraih Rajni Raya Alana dari SDN 2 Kepongpongan. Juara harapan I diraih Zeldha Angelina Winata dari SDN 1 Jatiseeng, dan juara harapan II diraih Adinda Septiani dari SDN 2 Kenanga. “Untuk juara I lomba bercerita akan diikutsertakan dalam lomba bercerita tingkat provinsi,” imbuhnya. (via)

 

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait