Bocah Lima Tahun Nyaris Tewas Tenggelam di Sungai Cilutung

Aiptu Maman Sulaeman menggendong korban sambil berlari menuju IGD Puskesmas Talaga. (kanan) Muhamad Iskandar Bin Solihin (5) mendapat penanganan medis dari Puskesmas Talaga. FOTO:BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA
Aiptu Maman Sulaeman menggendong korban sambil berlari menuju IGD Puskesmas Talaga. (kanan) Muhamad Iskandar Bin Solihin (5) mendapat penanganan medis dari Puskesmas Talaga. FOTO:BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Seorang bocah berumur lima tahun yang tenggelam di aliran Sungai Cilutung berhasil diselamatkan warga dan petugas Polsek Talaga, Minggu (12/5). Sempat tidak sadarkan diri, bocah bernama Muhamad Iskandar Bin Solihin itu kini kondisinya membaik.

Muhamad Iskandar Bin Solihin tenggelam di aliran Sungai Cilutung, Blok Babakan Sadahurip RT 10 RW 04, Desa Mekarhurip, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka sekitar pukul 10.45 WIB, Minggu (12/5). Berdasarkan data yang dihimpun, awalnya Muhamad Iskandar Bin Solihin pada pukul 09.00 WIB berangkat ke Sungai Cilutung bersama keempat orang temannya.

Sesampainya di Sungai Cilutung, Muhamad Iskandar terpeleset dan jatuh ke Sungai Cilutung. Kemudian teman-teman korban memberitahukan kejadian tersebut kepada Upung (48) yang sedang berada di sawah. Singkat cerita Upung pun berlari menuju Sungai Cilutung menyelam sampai ke dasar Sungai Cilutung. Korban pun berhasil diangkat ke permukaan. Namun kondisinya sudah tidak sadarkan diri. Secara kebetulan, kala itu petugas Polsek Talaga yang sedang patroli tidak jauh dari TKP.

Petugas yang mendapatkan informasi dari warga, langsung meluncur ke TKP. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Talaga dengan menggunakan mobil patroli bahkan dalam kecepatan tinggi korban. Hanya dalam waktu 7 menit, korban sudah tiba di Puskesmas Talaga.

Setibanya di halaman Puskesmas Talaga, Aiptu Maman Sulaeman langsung menggendong korban sambil berlari menuju IGD Puskesmas Talaga. Setelah ditangani petugas medis, korban akhirnya sadar. “Korban yang kondisinya telah kritis itu nyawanya bisa berhasil diselamatkan,” jelas Kapolsek Tagala Iptu H Agus Romy SH MH.

Lebih lanjut dikatakan Kapolsek Iptu H Agus Romy SH MH, sistem E-Ronda yang telah diterapkan di wilayah Polsek Talaga mempercepat pelaporan setiap kejadian. Artinya masyarakat bisa dengan cepat memberikan laporan. Dan penyelamatan bocah tenggelam ini, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk aplikatif dari sistem E-Ronda. “Kami sudah komitmen dengan tim ronda bilamana terjadi sesuatu, kurang dari 10 menit kami sudah berada di TKP,” jelasnya. (har)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait