Bongkar Patung Petani Garam Lama, Bangun Patung Baru

Bentuk patung di taman baru yang berada di Alun-alun Kecamatan Pangenan sudah diperbaiki. Saat ini, patung baru dalam tahap penyelesaian. Sementara patung lama sudah dibongkar. FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON
Bentuk patung di taman baru yang berada di Alun-alun Kecamatan Pangenan sudah diperbaiki. Saat ini, patung baru dalam tahap penyelesaian. Sementara patung lama sudah dibongkar.FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBPN-Patung petani garam di alun-alun Pangenan sudah dibongkar. Patung yang sebelumnya terkesan asal jadi tersebut, kini diganti dengan bentuk patung yang dibuat oleh seniman. Pembongkaran patung itu terjadi sekitar dua minggu lalu.

Saat itu, pengawas pelaksanaan pembangunan taman edukasi menilai, hasil pekerjaan berupa patung tidak sesuai harapan. Sehingga, pihak pengawas meminta agar bentuk patung diperbaiki dan dibangun kembali dari awal dengan menggunakan tenaga profesional.

Kini, patung baru sudah setengah jadi. Nanti bentuk fisiknya sudah terlihat. Meskipun belum masuk tahapan finishing, namun patung yang baru disebut sudah sesuai dengan ekspektasi. “Patung itu kan harus ada nilai seninya. Tidak asal jadi dan yang baru sudah bagus menurut saya. Yang lama sudah dibongkar,” ujar Pengawas Pembangunan Taman Edukasi, Tajudin, kemarin.

Menurutnya, meskipun saat ini masih dalam tahap penyelesaian, namun dirinya yakin jika proyek tersebut akan tepat waktu dan sesuai dengan jadwal. “Sudah selesai tinggal finishing saja. Semuanya sudah terbangun tidak ada masalah. Sesuai jadwal kok,” imbuhnya.

Sementara itu, salah saorang warga sekitar, Hasan kepada Radar mengatakan, hingga Selasa (18/12), kondisi taman secara fondasi sudah mulai terlihat dan selesai dibangun. Namun pihaknya belum melihat tanaman atau bunga yang sudah ditanam di taman tersebut.

“Fondasi dan susunannya sih sudah komplit. Sudah semua, tinggal tanamannya yang belum kelihatan. Mudah-mudahan sih bisa cepat selesai dan bisa langsung digunakan. Usul saya sih, ada juga internet gratis dan diberi peneduh di salah satu sudutnya,” jelasnya.

Terpisah, Camat Pangenan Bambang S saat ditemui Radar Cirebon mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara detail peruntukan taman tersebut. Pasalnya, selain masih baru menjabat, bentuk taman tersebut belum sepenuhnya jadi dan belum diserahterimakan kepada pemcam. “Pelaksananya DLH. Kita penerima manfaatnya. Informasi awal ini taman edukasi, tapi kita lihat nanti setelah jadi seperti apa,” ungkapnya. (dri)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait