BPBD Pasok Air Bersih ke Wilayah Kekeringan

BANTUAN AIR BERSIH: BPBD Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Kreyo, Kecamatan Klangenan, (11/7). FOTO: ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON
BANTUAN AIR BERSIH: BPBD Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Kreyo, Kecamatan Klangenan, (11/7).FOTO: ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON

CIREBON – Musim kemarau telah melanda wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon siaga memasok air bersih untuk desa-desa yang rawan kekeringan.

Seperti sepanjang hari kemarin. Terpantau, sedikitnya BPBD singgah di dua wilayah di Kabupaten Cirebon. Yakni di Desa Babadan, Kecamatan Gunung Jati dan Desa Gebang Ilir, Kecamatan Gebang.

Desa Babadan misalnya. Distribusi air bersih dilakukan di Blok Karang Rintang dan Rajeg Wesi dengan total 515 kepala keluarga.

“Total Blok Karang Rintang ada 262 kartu keluarga dengan 870 jiwa. Dan Blok Rajeg Wesi 253 kepala keluarga dengan 834 jiwa. Satu tangki ada 4.500 liter air layak konsumsi yang kita bagikan.

Kita sengaja menyasar kawasan pemukiman yang kekeringan akibat cuaca musim kemarau yang melanda akhir-akhir ini,” ungkap Korlap BPBD Kabupaten Cirebon Faozan, kemarin.

Salah seorang warga setempat, Nurhadi berterima kasih atas distribusi air yang diberikan. Ia merasa terbantu dengan upaya yang dilakukan BPBD menanggulangi dan meringankan kekeringan yang melanda di tahun 2019 ini.

Masih hari yang sama. Kali ini, giliran Blok Balong Desa Gebang Ilir. Ada 218 kepala keluarga dengan 1.090 jiwa dan 109 rumah. Satu unit tangki kapasitas 4.300 berhasil didistribusikan.

Kondisi sekitar lokasi merupakan kawasan pemukiman daerah pesisir pantai utara dengan minimnya sumber air tawar.

“Alhamdulillah, melalui pembagian air bersih, mereka dapat mengurangi risiko biaya pengeluaran anggaran rumah tangga untuk pembelian air yang mereka gunakan seperti untuk memasak dan sebagainya,” kata Faozan.

Faozan mengatakan, BPBD siap membantu daerah yang terdampak kekeringan. Bantuan air bersih itu juga yang telah rutin dilakukan setiap tahun ketika musim kemarau. Rabu kemarin (10/7), bantuan air bersih juga diberikan kepada rumah-rumah warga di Blok 5 Desa Kreyo, Kecamatan Klangenan. (ade)

Berita Terkait