Bukit Pangangonan Bisa Dijadikan Objek Wisata

Kepala Dusun I, Sukarya saat meninjau lokasi situs pangangonan
Kepala Dusun I, Sukarya saat meninjau lokasi situs pangangonan

MAJALENGKA – Desa Rajawangi Kecamatan Leuwimunding adalah salah satu desa yang memiliki situs religi dan parawisata yang tersembunyi. Salah satunya seperti situs bukit Pangangonan.

Konon dulu, tempat tersebut merupakan kawasan penggembala yang disebut masyarakat Sunda sebagai pangangonan.

Kepala Dusun I, Sukarya mengatakan lahan rumput seluas kurang lebih 12 hektar itu milik pemerintah desa. Situs Bukit Pangangonan berada di Blok Rabu RT 03  RW 04 ini dinilai cocok dan indah jika dijadikan salah satu objek wisata.

“Destinasi wisata baru di Leuwimunding ini akan diperhatikan kedepannya. Karena sangat cocok juga untuk tempat berekreasi bagi wisata lokal,” ujarnya.

Situs bukit Pangangonan ini merupakan hutan belantara yang masih asri yang berada di selatan kantor Pemerintah Desa Rajawangi.

Kepala Desa Rajawangi Mansur mengaku lokasi itu memang belum tersentuh baik dan belum mendapat anggaran dari dana desa, Banprov, maupun anggaran lainnya.

Namun ke depan, di dekat lokasi tepatnya di bawah Bukit Pangangonan akan dibangun embung atau cekungan penampung air hujan.

“Jika sudah terbangun embung, maka di dekatnya itu bisa dilakukan pembenahan fasilitas salah satunya di Pangangonan itu yang mungkin saja dijadikan destinasi wisata baru,” imbuh Mansur. (ono)