Bupati Acep Siapkan Draf Rotasi Pejabat

Bupati Kuningan Acep Purnama
Bupati Kuningan, Acep Purnama. Foto: Radar Kuningan

KUNINGAN – Ini kabar gembira bagi para pejabat di lingkup Pemkab Kuningan. Sebab tidak lama lagi Bupati Acep Purnama bakal melakukan penyegaran pengisian di lingkungan jajaran pejabat eselon IIb.

Para pejabat eselon IIb sendiri sebelumnya sudah mengikuti uji kompetensi, beberapa bulan lalu. Saat ini bupati tengah melakukan persiapan untuk menggelar rotasi terhadap pejabat yang menduduki jabatan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Bahkan bupati mengaku sudah mengantongi draf rotasi, sehingga prosesnya tinggal menunggu waktu yang tepat.

Menurut sumber Radar Kuningan di gedung putih, rotasi bupati terhadap para pejabat eselon IIb sepertinya akan dilakukan antara Oktober atau November 2019. Sejumlah kepala SKPD yang kosong lantaran ditinggal pensiun akan diisi lebih dulu.

Nama-nama pejabat yang akan dirotasi sudah dalam genggaman bupati, tinggal pelaksanaan saja. Setelah proses rotasi selesai, baru kemudian dilakukan open bidding bagi pejabat eselon III yang ingin promosi ke eselon IIb.

Sumber itu menambahkan, SKPD yang tergolong strategis akan diisi lebih dulu dalam rotasi nanti. Misalnya Bappeda, Dinas PUPR, Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Sekretaris DPRD.

“Kemungkinan seperti itu (pengisian SKPD) yang dianggap strategis. Nah yang kosong nanti akan diisi pejabat baru hasil open bidding. Kan banyak pejabat eselon IIb yang menjabat pelaksana tugas (Plt) di instansi lain. Jadi, pejabat eselon III yang ingin promosi, harus ikut open bidding. Untuk pelaksanaan rotasinya ya sekitar Oktober atau November,” ujar sumber tersebut.

Soal rencana rotasi, Bupati Acep Purnama tak menampik akan dilakukan dalam waktu dekat. Ada beberapa alasan yang membuat dirinya ingin lebih cepat dalam melakukan penyegaran. Salah satunya adalah harapan meningkatnya kinerja SKPD di tahun depan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Ditambah lagi saat ini banyak SKPD yang dijabat Plt, meski sebenarnya hal itu tidak membuat kinerja menurun. “Ya akan dilakukan secepatnya (rotasi). Bisa di bulan Oktober, bisa juga November. Tergantung para kepala SKPD itu juga. Apakah sudah menyelesaikan semua pekerjaannya selama menjabat atau belum,” papar Acep.

Jika memang digelar Oktober, kata bupati, berarti di bulan ini semua kepala SKPD harus menyelesaikan berbagai pekerjaannya. Kalau tuntas, maka penggantinya akan meneruskan dengan program yang baru.

“Kuncinya ya itu tadi yakni para kepala SKPD selesaikan dulu semua urusan di dinasnya. Jangan meninggalkan sisa pekerjaan yang harus dituntaskan penggantinya. Biar nanti pas memasuki tahun 2020, semuanya bisa start dengan semangat baru. Yang terpenting adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” sebut bupati.

Acep juga menambahkan, kalau proses rotasi rampung digelar, akan dilanjutkan dengan open bidding serta mutasi. Dia menargetkan, ketiga proses itu selesai di bulan Desember dan saat memasuki tahun anggaran baru, semuanya sudah siap berpacu memajukan Kabupaten Kuningan sesuai visi misi Kuningan Maju.

“Saya sih ingin Desember selesai semua. Kalau soal draf rotasi sih saya sudah punya gambaran. Mudah-mudahan saja pengisian jabatan ini bisa segera dilakukan di bulan depan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, saat ini banyak pejabat yang merangkap sebagai Plt. Tak hanya di level eselon IIb, penunjukan pelaksana tugas juga menyebar hingga tingkat eselon IV.

Tidak kurang 200 di berbagai posisi yang sekarang dijabat oleh Plt. Sehingga rotasi, promosi dan mutasi yang bakal dilakukan merupakan yang terbesar di tahun pertama kepemimpinan duet Bupati Acep Purnama-Wabup HM Ridho Suganda. (ags)

Berita Terkait