Bupati Indramayu Sidak Pascalibur Lebaran, Ditemukan ASN Mangkir Kerja 

SUPENDI-SIDAK
CEK PELAYANAN: Bupati Indramayu Supendi melakukan sidak di hari pertama kerja usai libur Lebaran 1440 H dan cuti bersama, Senin (10/6). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Bupati Indramayu Supendi melakukan inspeksi mendadak (sidak) pascalibur Lebaran 1440 H dan cuti bersama, di beberapa  SKPD yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, termasuk di kantor kecamatan. Sidak ini untuk memastikan pelayanan di Pemerintah Kabupaten Indramayu langsung berjalan dengan baik dan semestinya, Senin (10/6).

Dalam sidak tersebut, bupati menemukan satu ASN di Kantor Kecamatan Kedokanbunder tidak hadir dan tanpa ada keterangan. Sehingga dipastikan ASN tersebut membolos di hari pertama masuk kerja dan kepadanya segera disiapkan sanksi tegas. Selain di Kedokanbunder, ditengarai sejumlah ASN di tempat lain juga mangkir di hari pertama kerja pasca Lebaran.

Sidak diawali bupati dengan mendatangi langsung Kantor Kecamatan Sindang pada pukul 08.00 WIB. Bupati langsung menuju ruangan pelayanan kecamatan tersebut dan melihat langsung absensi. Setelah dari ruang pelayanan, bupati selanjutnya mengecek kesiapan pejabat struktural dan staf untuk memberikan pelayanan kepada proses administrasi dan pelayanan.

Setelah dari Kecamatan Sindang, bupati menuju ke Kantor Kecamatan Lohbener, Widasari, Jatibarang, Kedokanbunder, dan terakhir Kecamatan Karangampel. Dari hasil absensi ASN, sebagian besar sudah hadir dan langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahkan beberapa kecamatan telah menggelar rakor bersama dengan muspika setempat.

“Saya melihat ASN di Indramayu sudah banyak yang masuk kerja, bahkan instansi yang memberikan pelayanan langsung sudah dipenuhi masyarakat yang mengurus keperluannya. Di kantor kecamatan pejabat struktural dan staf juga sudah hadir dan mereka langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bagi yang tidak hadir atau mangkir tanpa keterangan kita siapkan sanksi tegas,” tegas bupati.

Supendi menegaskan, laporan absensi dari berbagai SKPD harus segera masuk ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) pada pukul 15.00. Untuk itu, selain sidak secara langsung oleh dirinya, Pemkab Indramayu juga membagi tim lainnya seperti Inpsektorat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk memonitoring ke SKPD yang tersebar di Kabupaten Indramayu. (oet)

Berita Terkait