Cirebon Gaming Buka Rekrutmen untuk Jadi Pemain Profesional

Tim PUBG Cirebon Gaming yang sebagian besar telah masuk ke tahap pemain profesional. Komunitas ini, memiliki divisi khusus untuk rekrutmen bibit baru pemain profesional. FOTO:CIREBON GAMING FOR RADAR CIREBON
Tim PUBG Cirebon Gaming yang sebagian besar telah masuk ke tahap pemain profesional. Komunitas ini, memiliki divisi khusus untuk rekrutmen bibit baru pemain profesional.FOTO:CIREBON GAMING FOR RADAR CIREBON

DUNIA E-Sport tidak terpaku hanya sebatas permainan di komputer. Belakangan berkembang ke permainan di smartphone. Game HP yang biasanya dianggap bagi sebagian orang hanya untuk mengisi waktu luang, ternyata bila ditekuni bisa dijadikan sebagai profesi utama.

E-Sport memang tidak selamanya terpaku hanya pada satu game saja. Sebab, yang dikompetisikan biasanya mengikuti tren. Contohnya pada saat ini game komputer yang sedang terkenal di Indonesia cukup beragam diantaranya ada Dota 2, League of Legends, Point Blank, CS:GO dan masih banyak lagi.

Ada juga game yang terkenal lebih ke genre MOBA seperti Mobile Legends, Arena of Valor dan Vain Glory. Tapi ada beberapa game lainnya seperti Crisis Action yang bergenre FPS (First Person Shooter) dan Clash Royale yang bergenre action strategy serta tentunya game survival PUBG yang sedang menjadi primadona.

Kecintaan beberapa masyarakat Cirebon akan berbagai e-sport itu pun sudah diwadahi Cirebon Gaming Esport sejak 2009. Pendiri Cirebon Gamming E-Sport, A Fran Amigo Nugraha mengungkapkan, saat pertama dibentuk komunitas ini hanya berisi para pecinta game online. Namun, dalam empat bulan terakhir Cirebon Gaming mulai membuat sebuah divisi. Di sini, dilakukan pembibitan tim untuk pro player.

Saat ini ada 2 squad untuk PUBG, 2 squad Mobile Legend dan 1 tim Arena of Valor. “Ini sebagai bentuk keseriusan kami terhadap turnamen dan kompetisi e-sport,” jelasnya.

Puluhan predikat juara pun sudah dikantongi. Kini pihaknya mendapatkan beberapa donatur untuk Cirebon Gaming E-Sport sendiri. Menurut Amigo, saat digeluti serius pro player bisa menjadi salah satu profesi. Bahkan divisi Cirebon Gaming ini sekarang sedang mencari pro player melalui rekrutmen.

Tak sembarangan dalam merekrut orang. Ada beberapa persayaratan tertentu dalam pendaftarannya. Seperti misalnya untuk pro player PUBG, minimal KDR-nya 7 dalam 100 match. Sedangkan untuk Mobile Legends minimal win rate 65 persen dan minimal tier mythic 300.

Dalam sekali open recruitment, bisa ratusan yang masuk. Tapi divisi di Cirebon Gaming ini lantas melakukan seleksi kembali. Terutama dari attitude. Juga team work. Sebab, untuk manjadi pemain profesional, mereka juga harus punya kemampuan koordinasi dan kerja sama tim yang baik.

Sementara itu, salah satu pro player Cirebon Gaming E Sport, M Faizal “Onyon” Ramadhan mengungkapkan, dalam bermain e-sport yang terpenting adalah banyak berlatih. ¬†Pihaknya menjadi salah satu yang telah lama menggeluti genre olahraga ini. Saat ini win rate Cirebon Gaming E-Sport di tournament yang diadakan di Cirebon sendiri sudah 95 persen. (apr)