Debat Kedua Pilpres 2019: Jokowi versus Prabowo

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersalaman dengan capres no urut 02 Prabowo Subianto sebelum mengikuti Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. (ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto)

Debat perdana capres dan cawapres di Pilpres 2019 baru saja selesai digelar pada Kamis (17/1/2019) malam tadi.

Debat yang berlangsung mulai pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB tersebut memiliki tema hukum, korupsi, hak asasi manusia (HAM), dan terorisme, yang dibagi dalam enam segmen.

Debat dipandu oleh dua jurnalis senior, yaitu Ira Koesno dan Imam Priyono. Sementara tim panelis adalah Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Bagir Manan (mantan Ketua Mahkamah Agung), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara), dan Agus Rahardjo (Ketua KPK).

Selanjutnya, debat kedua Pilpres 2019 akan digelar pada 17 Februari 2019. Debat tersebut bertema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Berbeda dengan debat sebelumnya, debat kedua ini hanya akan melibatkan dua capres, Jokowi dan Prabowo.

Debat tersebut akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah stasiun televisi yaitu TVRI, Kompas TV, Rajawali Televisi dan Radio Republik Indonesia.  (*)