Debut Manis Ranieri Bersama AS Roma

Claudio Ranieri saat mendampingi para pemain AS Roma melawan Empoli pada pertandingan pekan ke-27 Serie A, Selasa (12/3) pagi WIB. FOTO: GREGORIO BORGIA/ AP PHOTO
Claudio Ranieri saat mendampingi para pemain AS Roma melawan Empoli pada pertandingan pekan ke-27 Serie A, Selasa (12/3) pagi WIB.FOTO: GREGORIO BORGIA/ AP PHOTO

ROMA-Kehadiran Claudio Ranieri rupanya berdampak positif. Pelatih baru AS Roma itu sukses pada debutnya saat menjamu Empoli di Olimpico Stadium, Selasa (12/3) pagi WIB. Serigala Ibukota -julukan AS Roma- menang 2-1 pada pertandingan pekan ke-27 Serie A.

Penyerang Roma, Patrik Stchick menjadi pahlawan kemenangan dari gol yang dicetaknya pada menit ke-33. Sebelumnya, tuan rumah lebih dulu membobol gawang Empoli pada menit 9 oleh Stephan Elshaarawy.

Tiga menit kemudian, Empoli menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Juan Jesus. “Kami tetap fokus di kompetisi ini. Saya baru di sini, tapi Olimpico punya sejarah bagus bersama saya,” kata Ranieri dikutip Seriea.com.

Soal taktiknya melawan Roma, eks pelatih Leicester City itu sudah tahu atmosfir Serie A. “Kemenangan ini berharga dalam debut saya. Serie A memang ketat. Sedikit saja kesalahan, bisa fatal until beberapa hal,” urainya.

Selepas dipecat Fulham, Ranieri diangkat sebagai pelatih utama AS Roma yang baru ditinggal Eusebio Di Francesco. Kursi kepelatihan AS Roma kosong tepat setelah Di Francesco dilepas dari jabatannya beberapa hari yang lalu. Sebagai penggantinya, Gialorossi -julukan Roma- merekrut Ranieri dengan masa jabatan hingga akhir musim ini.

Tugas Ranieri cukup berat, walau kedudukan AS Roma di klasemen Serie A sendiri tidak bisa dibilang buruk karena masuk lima besar. Hasil kemenangan tersebut membuat Roma masih berada di peringkat lima dengan 47 poin.

Selisih 3 poin dengan Inter Milan (50 poin) dan 3 poin dengan Torino (44 poin). Sedangkan Empoli, berada di peringkat 17 dengan 22 poin. Empoli masih belum aman dari zona degradasi karena selisih 1 poin dengan Bologna yang ada di posisi 18 (21 poin). (mid)