Desa Buninagara Lunas Bayar PBB

PBB
ILUSTRASI-PBB

MAJALENGKA-Berkat terobosan yang dilakukan Pemerintah Desa Buninagara, Kecamatan Malausma, Desa Buninagara berhasil lunas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada Mei 2019.

Kepala Desa Buninagara Asep Sukmawan SIP mengatakan, target PBB desa sebesar Rp59 juta bisa lunas pada 10 Mei 2019.

“Sekarang kami merasa sudah lega dan bisa tidur dengan pulas karena kami sudah berhasil melunasi pembayaran PBB sebagaimana yang diharapkan,” paparnya.

Kunci keberhasilan pembayaran PBB, kata dia, adalah kebersamaan dan dukungan dari seluruh jajaran perangkat desa dan elemen masyarakat. Termasuk juga warga yang sadar membayar pajak.

“Adapun teknis yang kami lakukan adalah meminta bantuan para tokoh agama dan masyarakat yang dalam setiap kesempatan untuk menyosialisasi mengenai pembayaran PBB ke setiap blok,” lanjutnya.

Bahkan, Ketua RT, lanjut dia, dilibatkan dalam penarikan uang PBB kepada masyarakat wajib pajak.

“Sedikitnya di desa kami tercatat ada 18 Ketua RT yang bergerak secara serentak mendatangi rumah warga untuk menarik uang PBB,” ujarnya.

Ternyata upaya yang dilakukannya membuahkan hasil. Untuk menghindari pengendapan uang PBB, uang yang sudah terkumpul di ketua RT langsung disetorkan kepada koordinator tingkat desa. Sehingga dalam waktu tingga minggu, total target PBB sebesar Rp59juta terpenuhi.(har)