Dewan Juga Ikut Bingung Soal The Gate of Secret

The Gate of Secret

CIREBON–Banyak pihak kaget dengan munculnya Tagline The Gate of Secret. Lantaran tidak pernah muncul dalam pembahasan. Tiba-tiba jadi keputusan, yang sudah ditandatangani Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH.

Anggota Komisi III DPRD Jafarudin mempertanyakan hal ini. Apalagi, DPRD juga tidak pernah dilibatkan dalam pembahasan. Maupun sosialisasi sebelum benar-benar dikukuhnya. “Tau-tau di­-launching,” katanya kepada Radar Cirebon.

Dia pun mempertanyakan konteks tagline yang dibuat sekitar tahun 2010 tersebut. Apakah masih tepat digunakan di era kekinian. Ia pun merasa, tagline yang dipilih mewakili masyarakat. Sementara dalam pembicaraan yang banyak beredar, ia pun pernah mendapat masukan untuk menggunakan tagline Kota Pusaka.

Bahkan ini pernah dibahas meski secara informal. Ketika itu, diberitahukan Yoyon Indrayana saat masih menjabat kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR). “Waktu itu, nggak ada kelanjutannya. Jadi keburu tenggelam. Tapi yang saya heran, kenapa tiba-tiba muncul The Gate of Secret,” katanya.

Jafarudin berharap tagline kota bisa dipahami masyarakat, karena ini salah satu upaya untuk mendongkrak pariwisata di Kota Cirebon. Mengacu dari keterangan beberapa sumber, rupanya tgaline ini sebetulnya sudah dirumuskan menjadi SK Walikota sejak Desember tahun lalu.

Staf Ahli Walikota Bidang Politik Drs Abidin Aslich menyebutkan, di penghujung tahun lalu, ia dihubungi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Iing Daiman. Iing menanyakan tagline yang pernah ada dan dibuat.

Iing Daiman sebagai kepala dinas dan Maruf Nuryasa sebagai sekretaris DKIS mengaku ditanya kementerian, katanya tagline Kota Cirebon belum ada. “Saya bilang ada, tapi belum ada ketetapan hukum. Iing dan Maruf meminta ke saya supaya tagline The Gate of secret untuk di SK-kan,” katanya.

Dalam prosesnya, Abidin mengaku menyerahkan tagline itu. Yang kemudian diajukan ke Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH. Rupanya respons walikota positif. Puas dan cocok dengan tagline itu. Kemudian dibuat surat keputusan (SK) Walikota Cirebon Nomor 430/Kep.-DKOKP/2019 tentang Penetapan Branding di Kota Cirebon. Lalu diresmikan di acara Cirebon X-Pose.

Tagline The Gate of Secret sendiri muncul semasa ia menjabat kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) sekitar tahun 2010. Yang ketika itu juga sempat menjadi polemik. Mengundang pro kontra di tengah masyarakat. (abd)