Diduduki Demonstran, Bandara Hongkong Tutup

BANDARA-HONGKONG-TUTUP
TERDAMPAR: Penny Tilley dari Australia, terdampar di konter check-in tertutup di Bandara Internasional Hongkong, Senin (12/8). Salah satu bandara tersibuk di dunia membatalkan semua penerbangan setelah ribuan prodemokrasi Hongkong pengunjuk rasa berkerumun ke terminal utama Senin sore. Foto: Kin Cheung/AP

HONGKONG – Bandara Hongkong adalah salah satu yang tersibuk di dunia. Namun, Senin (12/8), bandara yang biasa menangani lebih dari seribu penerbangan itu sepi aktivitas. Semua karena ulah para demonstran.

Ya, demonstran Hongkong benar-benar menjalankan rencana mereka beraksi di dalam bandara. Akibat aksi ribuan orang tersebut, seluruh penerbangan dari dan menuju Hongkong dibatalkan.

“Benar-benar merepotkan. Saya tidak mengira akan mencapai skala sebesar ini,” ujar seorang mahasiswa, Meagan Scantlebury seperti dikutip CNN.

Scantlebury dan saudaranya berencana melanjutkan pendidikan ke Inggris dan Australia dan akan pergi pada hari ini. Beberapa negara seperti AS, Australia, Inggris, Irlandia, Jepang, dan Singapura sebelumnya telah memberikan travel warning bagi warganya yang akan melakukan perjalanan ke Hongkong.

Dampaknya, sejak 16 Juni hingga 13 Juli, pemesanan penerbangan ke Hongkong dari Asia jatuh 5,4 persen dari tahun sebelumnya.

Saat ini, ribuan pengunjuk rasa dengan pakaian serba hitam duduk di bandara, sementara ratusan di antaranya melakukan aksi. Sebelumnya, sebanyak kurang lebih 5.000 orang telah “menginap” di bandara. (rmol/jpnn)