Diguyur Hujan Langsung Tergenang, Aktivitas Belajar Mengajar SDN 1 Cinini Belum Normal

TERGENANG: Halaman SDN Cinini tergenang air setelah diguyur hujan lebat semalaman, Kamis (9/5). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU
TERGENANG: Halaman SDN Cinini tergenang air setelah diguyur hujan lebat semalaman, Kamis (9/5). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Hari pertama masuk sekolah di bulan Ramadan, aktivitas belajar dan mengajar di SD Negeri 1 Cinini terganggu, Kamis (9/5).

Sebabnya, gara-gara diguyur hujan deras semalaman, sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Jenderal Sudirman nomor 56 Desa Sumbermulya, Kecamatan Haurgeulis digenangi air hingga 30 cm.

Air memang tak sampai masuk kedalam ruang kelas atau kantor guru dan kepala sekolah. Namun, halaman sekolah yang kebanjiran membuat aktivitas pelajar disana tidak bebas seperti biasanya. Khawatir pada mainan air, sejumlah orang tua murid terpaksa ikut menunggui anak-anaknya.

Komite Sekolah, Nanang Asmari mengungkapkan, setiap hujan lebat SDN Cinini selalu jadi langganan banjir. Dia menduga, akibat saluran pembuangan mampet dan tidak berfungsi.

Ditambah lagi posisi sekolah yang berada lebih rendah daripada jalan raya. Sehingga air limpahan jalan mengarah ke sekolah.

“Kejadian banjir sering terjadi. Hujan sebentar saja ketinggian air mencapai 30 centimeter, apalagi hujannya sampai berjam-jam, bisa tenggelam ini sekolah,” katanya.

Sejauh ini, komite bersama pihak sekolah sudah melaporkan ke Pemerintah Desa Sumbermulya dan telah melakukan pengecekan. Pemdes berjanji akan melakukan upaya agar SD Cinini tak lagi menjadi langganan banjir.

Kepala SDN Cinini, Utari berharap, persoalan banjir ini dapat segera terselesaikan. Pasalnya, sebentar lagi peserta didik akan melaksanakan ujian kenaikan kelas. “Hari Senin depan, kami akan mengadakan ujian. Kalau bisa sih sebelum ujian, sekolah kami sudah steril dari genangan air,” harapnya. (kho)