Dilantik, Anggota DPRD Kedepankan Kepentingan Rakyat

35 anggota DPRD terpilih saat diambil sumpah. FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON
35 anggota DPRD terpilih saat diambil sumpah.FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON-“Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPRD Kota Cirebon dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya…”

Penggalan sumpah dan janji itu diucapkan oleh para anggota DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 kemarin.  Sebanyak 35 orang resmi menjadi wakil rakyat. Ketua DPRD sementara adalah Ruri Tri Lesmana dari Gerindra. Ruri didampingi Fitria Pamungkaswati dari PDIP sebagai wakil ketua. Untuk sementara keduanya memimpin DPRD Kota Cirebon sampai ada ketua dan wakil ketua yang definitif.

Dalam sambutannya selepas mengucap sumpah, Ruri mengatakan DPRD Kota Cirebon harus mendukung visi dan misi daerah yang tertuang melalui RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Dalam waktu dekat, kata Ruri, DPRD akan dihadapkan kegiatan RAPBD 2020, penetapan alat kelengkapan dewan, dan tentu melayani aspirasi masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada gubernur yang sudah menerbitkan surat keputusan gubernur untuk pelantikan saat ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan jalannya pemilu,” kata Ruri.

Ia menjelaskan, amanat yang ditujukan kepada Gerindra untuk menjadi ketua sementara dan PDIP menjadi wakil ketua sementara menjadi awal yang baik membangun kesolidan internal DPRD.  Karenanya, dirinya berharap proses penetapan ketua secara definitif dapat dijalankan dengan baik.

Pembahasan APBD tahun 2020, lanjut Ruri,  menjadi tugas besar bagi anggota DPRD terpilih. Oleh karena itu, ketua definitif harus segera didapatkan agar pembahasan dan penetapan APBD 2020 berjalan sesuai jadwal.

“Ketua definitif harus mendukung visi misi daerah yang tertuang dalam RPJMD sesuai dengan fungsi DPRD dan harus sama-sama memperkuat kedua lembaga daerah, baik eksekutif maupun legislatif,” tegasnya.

Sementara itu, di antara tamu undangan yang hadir di sela pelantikan adalah mantan calon wakil walikota Effendi Edo. Ia duduk berdampingan dengan mantan walikota Subardi. Kepada wartawan, Edo juga berharap ke depan para wakil rakyat bisa menyerap aspirasi masyarakat.

Edo optimistis anggota dewan yang sekarang lebih idealis. “Untuk merealisasikan harapan yang dicita-citakan dan bisa dipertahankan sampai lima tahun ke depan. Apalagi usianya rata-rata masih muda,” tandas Edo. (abd)