Dinkes Akui Kekurangan Tenaga Medis

Imron kunjungi DinkesDeny Hamdani/ Radar Cirebon

CIREBON – Plt Bupati Cirebon, Drs H Imron Rosyadi MAg meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) bisa meningkatkan pelayanan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Imron saat mendatangi kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Senin (17/6).

Dalam kunjungannya, Imron mengeluhkan tenaga medis yang minim di puskesmas-puskesmas. Sehingga, memengaruhi pelayanan.

Meskipun, saat ini Imron melihat bahwa dinkes sudah melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. “Dinkes melayani masyarakat dengan baik, bahkan pelayanannya sudah 24 jam,” ujarnya.

Imron meminta agar dinkes bisa lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan. “Tentu saya minta pelayanannya bisa lebih ditingkatkan agar masyarakat merasakan dengan lebih baik lagi,” tuturnya.

Imron meminta dinkes tetap melayani meski banyak pro dan kontra terhadap pelayanan kesehatan. “Dinkes itu melayani masyarakat dengan berbagai macam dan karakter,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni MKes mengungkapkan berbagai kendala di hadapan Imron. “Sudah saya sampaikan kendala kita apa saja,” ujarnya.

Salah satu kendala tersebut, adalah minimnya tenaga kesehatan di puskesmas. “Di antaranya masalah SDM. Kita masih kekurangan. Dari 60 puskesmas, kita masih kekurangan tenaga dokter, dokter gigi, serta tenaga rekam medis,” katanya.

Selain itu, kepemilikan tanah di tiap puskesmas mayoritas bukan aset Pemkab Cirebon. Sehingga, sangat menyulitkan dinkes dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Hampir semua puskesmas, lahan bangunannya tanah desa. Kita minta didukung, apakah itu dengan cara rislah atau dibeli tanah desa tersebut,” ungkapnya. (den)