Dinkes Kabupaten Cirebon Segera Miliki Public Safety Centre

ILUSTRASI

CIREBON-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon akan meluncurkan Public Safety Centre (PSC) pada April 2019 mendatang. PSC ini merupakan unit penanganan pertama kasus emergency (kegawatdaruratan) di masyarakat yang menjamin respons cepat tanggap dan tepat.

Kepada Radar Cirebon, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Hj Enny Suhaeni SKM MKes meyampaikan, hal tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan korban kegawatdaruratan. Pihaknya mengatakan, dalam PSC nanti akan terkoneksi dengan 60 puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Nanti ada call cantrenya. Ada call tracking yang bisa melacak lokasi. Ketika masyarakat mengakses, bisa tahu lokasinya di mana, dan fasilitas layanan kesehatan mana yang terdekat dengan lokasi kejadian,” jelasnya kepada Radar Cirebon.

Dikatakannya, fasilitas layanan kesehatan yang terdekat akan dihubungi agar dapat menyiapkan layanan dengan cepat. “Dihubungi juga supaya responsnya bisa cepat,”ujarnya.

Ditambahkannya, kehadiran PSC bisa bekerjasama dengan lintas SKPD baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, rumah sakit dan sektor terkait lainnya.

Pihaknya berharap, kehadiran PSC, setiap jiwa yang ada di Kabupaten Cirebon bisa mendapatkan pelayanan pertolongan. “Saya harap PSC bisa bersinergi dengan semua pihak dan bisa maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya. (via)