Disdik dan CLRC Ajak Masyarakat Cirebon Gelem Maca

GELEM MACA: Sosialisasi yang dilaksanakan CLRC Gelem Maca di Atrium CSB Mall, Selasa (18/10).FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

KESAMBI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon bersama Cirebon Leader Reading Challenge (CLRC) melaksanakan sosialisasi dan Gerakan Literasi Masyarakat Kota Cirebon ( Gelem Maca) di Atrium Cirebon Super Block (CSB) Mall.

Ketua CLRC Kota Cirebon, Lilik Agus Darmawan SPd MM mengatakan, Gelem Maca merupakan sarana edukatif untuk membiasakan siswa dan pelajar dari tingkatan SD, SMP dan SMA untuk lebih gemar membaca.

Menurutnya, Gemar Maca dapat menjadi salahsatu pemantik bagi sekolah untuk mengembangkan budaya baca siswa di sekolah. Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah gebrakan baru di tengah rendahnya minat baca siswa.

“Melalui literasi membaca, siswa dan siswi dapat melatih diri untuk membaca dan bercerita mendeskripsikan, memahami karakter dari setiap buku yang dibaca,” terang Lilik, kepada Radar, Selasa (18/10)

Sosialisasi Gelem Maca ini diselenggarakan dari tanggal 13-20 Oktober 2016. Adapun jenis kegiatan Gelem Maca ini diantaranya ialah pameran buku, lomba review buku bacaan, lomba dramatisasi buku dan pada 22-23 Oktober 2016 akan diselerakan lomba gerak lagu anti kekerasan terhadap anak.

Dalam konteks Gelem Maca adalah kemampuan mengakses, memahmi, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis dan atau berbicara.

Pada Gelem Maca ini tidak hanya menambah wawasan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai upaya penumbuhan budi pekerti. Dengan membaca materi – materi yang berisikan nilai – nilai moral dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan. “Kami  memberikan apresiasi dan menyemangati peserta didik untuk peduli literasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Cirebon, Drs H Adin Imaduddin Nur menambahkan, gerakan literasi Gelem Maca sangatlah penting bagi generasi muda apalagi masyarakat yang beragama islam. Pasalnya sesuai dengan Firman Allah yang mengawali kitab suci Alquran, di awali dengan perintah untuk membaca.

“Kegiatan Gelem Maca dilaksanakan untuk meningkatkan minat membaca pada pelajar di Kota Cirebon. Karena dengan membaca akan lahir generasi yang cerdas dalam berbagai ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Dalam kegiatan Gelem Maca juga harus ada upaya memelihara komitmen dalam diri dan menjadikan membaca sebagai suatu kebutuhan. Membaca diibaratkan sebagai jantung pendidikan yang mengalirkan “darah segar” pengetahuan ke semua lini.

“Apa yang terjadi bila jantung dalam tubuh kita berhenti? Saat itulah kematian akan menghampiri. Kalau membaca bukan prioritas lagi dalam dunia pendidikan, saatnya dunia pendidikan itu “layu dan akhirnya mati,” tukas Adin. (via)

 

Berita Terkait