DKOKP Jamin Popwil 2019 Lebih Baik

Kepala Bidang Kepemudaan Olahraga DKOKP Kota Cirebon Drs R Agus Setiadiningrat MM MPd menjamin pengiriman atlet ke Popwil tahun ini lebih baik dari dua tahun lalu. FOTO:TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON
Kepala Bidang Kepemudaan Olahraga DKOKP Kota Cirebon Drs R Agus Setiadiningrat MM MPd menjamin pengiriman atlet ke Popwil tahun ini lebih baik dari dua tahun lalu.FOTO:TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON–Kenangan buruk Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) dua tahun lalu masih membayangi Kota Cirebon. Gagal mempertahankan gelar juara umum sekaligus buruknya fasilitas yang dipersiapkan Dinas Kemudaan Olahraga dan Kebudayaan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon ketika itu, menjadi catatan negatif di event dua tahunan tersebut.

Tahun ini, Popwil kembali digelar. Kabupaten Sumedang menjadi tuan rumah. Pelaksanaan pesta olahraga pelajar tingkat wilayah ini dimulai pada 17 Juli 2019. Sejumlah Klub Olahraga Pelajar (KOP) Kota Cirebon sudah mempersiapkan diri. Sebagian menggelar seleksi, sebagian lagi sudah menentukan skuad dengan materi hasil Popkota Cirebon 2018.

Kepala Bidang Kepemudaan Olahraga DKOKP Kota Cirebon Drs R Agus Setiyadiningrat MM MPd mengungkapkan, pihaknya sudah membangun komunikasi dengan para pelatih dan Ketua KOP sejak jauh-jauh hari. “Insya Allah persiapan tahun ini lebih baik dari sebelumnya,” kata Agus di kantornya.

Agus mengakui, belum ada anggaran untuk program pembinaan. Tidak juga untuk pemusatan latihan dan uji tanding para atlet pelajar. Menurut dia, dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), memang tidak tercantum agenda pemusatan latihan dan uji tanding. “Anggaran yang tersedia sesuai DPA yaitu untuk pengiriman atlet ke Sumedang. Termasuk perlengkapan, transportasi dan akomodasi selama di sana,” terangnya.

Agus menjamin, pengalaman buruk pada Popwil 2017 di Kabupaten Pangandaran, tidak akan terulang. Untuk tahun ini, dia sendiri sudah memastikan ketersediaan akomodasi selama di Sumedang. Untuk transportasi dan konsumsi, kontingen Kota Udang juga sudah diatur perencanaanya. “Saya sudah survei ke Sumedang,” katanya.

“Beberapa hotel dan penginapan memang sudah di-booking daerah lain, tapi kami sudah dapat alternatif hotel di sekitar wilayah kota dan cukup representatif. Selain itu, kita juga akan perhatikan betul konsumsi untuk para atlet,” jelasnya.

Agus berharap, tahun ini kontingen atlet pelajar Kota Cirebon dapat merebut kembali kejayaannya. Seperti diketahui, pada tahun 2017 lalu, Kota Cirebon kehilangan gelar juara umum yang sudah dipertahankan sejak Popwil perdana pada tahun 2009.

Pada perhelatan di Kabupaten Pangandaran tersebut, Kontingen Kota Udang hanya mampu meraih 8 medali emas, 4 perak dan 8 perunggu untuk finis di peringkat kedua. Sementara Kabupaten Cirebon untuk pertamakalinya berhasil merebut posisi pertama dengan raihan 11 emas, 7 perak dan 9 perunggu.

“Kami harap bisa mendapatkan kembali kepercayaan dari teman-teman pelatih dan ketua KOP. Tahun ini kami akan berupaya semaksimal mungkin. Upaya itu sudah dilakukan jauh-jauh hari. Semoga tidak ada kendala sehingga prestasi terbaik bisa kita rebut kembali,” pungkasnya. (ttr)