DLH Kota Cirebon Membantu Penghijauan di Kawasan Bima

Kondisi Stadion Utama Bima. Stadion ini akan ditata ulang dan dikelola secara profesional. FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON
Kondisi Stadion Utama Bima. Stadion ini akan ditata ulang dan dikelola secara profesional.FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Dalam RTBL (rencana tata bangunan lingkungan) Kawasan Stadion Bima Kota Cirebon disebutkan zona perkantoran pemda yang menerapkan prinsip eco green. Selain itu, zona perumahan kedapatan sedang menerapkan prinsip eco green.

Hal itu pun dijelaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon Abdullah Syukur. Dimaksudkan bahwa kedua zona tersebut berbasis lingkungan. Bagaimana menekan angka penggunaan sumber daya listrik dan membantu penghijauan di kawasan Bima. Khususnya dari segi bangunan di kedua zona tersebut.

Kedua zona tersebut seharusnya memperhatikan kualitas lingkungan dalam maupun sekitar rumah dan kantor.  Seperti membuat bangunan dengan pencahayaan yang cukup untuk mengurangi penggunaan lampu dengan lsitrik.

Selain itu juga diperhatikan ventilasi udara dalam bangunan sehingga mengurangi penggunaan air conditioner (AC). “Selain itu juga harus diikuti dengan penanaman pohon atau vegetasinya, bioporinya juga perlu diperhatikan,” tutur Syukur.

Jadi dari segi bangunannya harus memperhatikan hal-hal tersebut khususnya bagi bangunan baru. Jika pun bangunan yang ada di zona Eco Green Office maupun Eco Green House itu sudah ada dan berdiri sejak lama, alangkah baiknya jika bisa menyesuaikannya. “Kedua zona ini berbasis lingkungan. Kalau pun bangunannya sudah ada, akan lebih baik kalau bisa menyesuaikan dengan RTBL-nya,” ujarnya.

Tujuannya agar mengurangi penggunaan energi dari alam. Kurangi penggunaan sumber daya listrik juga menormalisasikan lingkungan yang sehat. Seperti penerapan ventilasi yang cukup selain untuk jalan masuknya udara, dapat juga untuk pencahayaan sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu maupun AC.

Abdullah Syukur juga menyebutkan bahwa penetapan zona eco green house maupun eco green office tersebut dalam RTBL tersebut guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Memberikan gambaran ideal bagaimana kawasan Bima sebaik-baiknya. Untuk itu rencana tersebut bisa direalisasikan dengan bantuan dukungan masyarakat juga.

“Rencana Tata Bangunan Lingkungan ini sifatnya kita mengedukasi bahwasannya idealnya ya seperti itu. Jadi pembangunan perkantoran atau perumahan ini basisnya lingkungan. Salah satunya penghematan sumber daya listrik,” pungkasnya. (myg)