DPRD Majalengka Tunggu Rancangan Jalan Lingkar, Ini Catatannya

jalan-lingkar
TITIK AWAL: Desa Lengkong Kulon menjadi salah satu titik awal pembangunan Jalan Lingkar Timur yangdirencanakan Pemkab Majalengka. FOTO: FOTO: ANDI AZIS MUHTAROM/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Rencana pemerintah kabupaten (Pemkab) Majalengka membangun dua jalan jalur lingkar yakni timur dan selatan direspons positif pihak legislatif. Meski demikian, DPRD Kabupaten Majalengka belum menerima detail rancangan dan konsep jalan lingkar tersebut. Pemkab, kata dia, sejauh ini baru menyampaikan garis besar pembangunan jalan itu.

Wakil Ketua DPRD Multajam menjelaskan, konsep jalan lingkar baru diketahui dalam dokumen rancangan akhir rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Namun, terkait rencana detailnya, hal itu belum dipaparkan Pemkab. Baik dalam bentuk rancangan maupun site plan.

Meski demikian memang pihaknya menyadari jalan lingkar timur maupun selatan ini tidak akan terbangun dalam waktu singkat. Mengingat jalur yang dibuka dan dilebarkan cukup panjang. Sehingga membutuhkan perencanaan yang matang dan anggaran. Nantinya akan dibuat skala prioritas setiap tahun agar pembangunan tetap berprogres.

“Selama ini kami baru mengetahui garis besarnya saja. Untuk detailnya tahun depan mau dikerjakan apa dulu belum dibicarakan secara detail. Padahal, ini terkait ketersediaan anggaran. Sebab tidak akan cukup anggarannya jika itu hanya dikerjakan hanya setahun dua tahun. Nah, sampai lima tahun kedepan, harus dipetakan apakah itu akan tercukupi,” kata Multajam.

Ia mencontohkan untuk tahun depan, bisa diprogramkan terlebih dahulu untuk pembebasan lahan dari titik 0 hingga beeberapa kilometer. Kemudian dilanjut tahun depan untuk pengerasan, pelebaran, sandaran dan drainase. Karena prosesnya cukup kompleks, maka dibutuhkan detail perencanaan.

Yang salah satu menjadi perhatian anggota DPRD, kata Multajam adalah kecukupan anggaran karena ia tidak ingin jika pembangunan jalan lingkar ini mengganggu belanja program lain.

Seperti diketahui, Pemkab Majalengka tengah merancang perencanaan pembuatan jalur lingkar timur Majalegka yang akan menghubungkan dari Kecamatan Sindangwangi-Rajagaluh-Sindang-Argapura-Banjaran—Cikijing. Sedangkan, jalur lingkar selatan direncanakan akan menghubungkan kawasan Kecamatan Lemahsugih-Malausma—Bantarujeg-Maja-Majalengka Kota. (azs)