Dua Hari Gunung Margatapa Terbakar Akhirnya Padam

gunung
PADAM JUGA: Api yang melaham Gunung Margatapa di Kabupaten Majalengka sudah padam, Sabtu (14/9). FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Gunung Margatapa yang terbakar akhirnya bisa dipadamkan petugas pemadam, BPBD dan aparat TNI-Polri beserta warga, Sabtu (14/9) dini hari. Kebakaran kawasan pegunungan yang berada di Blok Sukamulya, perbatasan Kelurahan Cicurug dengan Babakan Jawa, Kecamatan Majalengka ini terjadi pada Jumat (13/9) pukul 16.00 WIB.

Anggota Koramil Majalengka, Nana mengatakan, api melahap pohon bambu yang berada di Gunung Margatapa. Total ada sekitar 3 hektare lahan di gunung tersebut yang terbakar.

“Warga bersama petugas memadamkan api dengan alat seadanya. Api baru mati sekitar pukul jam 2 dini hari. Petugas Babinsa baru bisa pulang subuh-subuh,” ujar Nana.

Gunung Margatapa Majalengka Kebakaran

Sebelumnya, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, Agus Permana mengakui api baru diketahui pada Jumat (13/9) pukul 16.00 WIB.

Agus menerima informasi dari tim SAR maupun relawan yang masuk ke call center Pusdalops BPBD yang kemudian ditindaklanjuti dengan datang ke lokasi. Ada sekitar 20 personel dari BPBD yang dikerahkan bersama TNI/Polri dan semua unsur termasuk masyarakat.

Agus menduga sumber titik api berasal di tiga lokasi. “Kita masih mencari sumber titik api berasal dari mana. Karena gunung ini berbatasan dengan dua kelurahan di kecamatan Majalengka,” jelas Agus.

Sementara itu, salah seorang warga kelurahan Cicurug, kecamatan Majalengka, Indra Subana menduga titik api berasal dari Babakan Jawa yang berbatasan dengan gunung. Belum bisa diprediksi api berasal dari mana.

“Kemungkinan bisa saja ada yang bakar-bakar lahan di berbatasan itu. Tapi itu belum bisa disimpulkan. Namun api diketahui sekitar pukul 16.00 dan terus merembet ke atas,” imbuhnya. (ara/ono)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait