Facebook, Instagram, dan WhatsApp Sempat Alami Gangguan Global

Seorang awak kamera televisi mengambil gambar logo Facebook di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California, 18 Mei 2012.

Jejaring sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan sempat mengalami gangguan secara global. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform ini untuk berkomunikasi.

Para pengguna mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, memposting konten di Facebook, Instagram serta WhatsApp.

Bahkan menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk mempublikasi konten baru juga tidak bisa digunakan.

Gangguan ini terjadi pada Kamis, (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 1 siang waktu AS.

Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan sejumlah pengguna hingga Kamis pukul 7 pagi.

Melalui akun Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin,” jelas Facebook di Twitter.

“Kami fokus pada upaya untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin, tetapi dapat dikonfirmasi bahwa masalah tersebut tidak terkait dengan serangan DDoS,” jelas Facebook.

Diketahui, Facebook grup mengalami “down” di seluruh dunia sejak sekitar pada Rabu (13/3/2019) atau pukul 12 siang waktu AS atau Kamis (14/3) dini hari waktu Indonesia.Keempat aplikasi utama Facebook grup yakni Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger mengalami masalah.

Menurut situs Downdector.com, pemadaman dimulai di bagian AS, termasuk pantai timur dan barat, bagian Eropa dan di Australia.

Situs desktop dan aplikasi Facebook tampaknya terpengaruh akibat pemadaman ini. Beberapa pengguna melihat pesan yang mengatakan Facebook tidak aktif untuk “pemeliharaan yang diperlukan”.

Facebook tidak mengatakan apa yang menyebabkan pemadaman, yang masih terjadi pada pukul 2.15 siang waktu AS, atau wilayah mana yang terpengaruh.

Gangguan serupa juga pernah dialami WhatsApp pada 3 November 2017 lalu. Saat itu pengguna tidak dapat mengirim dan menerima pesan satu sama lain. Tidak ada tanda centang dalam pesan, namun hanya lambang ‘menghubungkan’ dalam bentuk jam.

Menurut akun DownDetector, gangguan WhatsApp mulanya terjadi di seluruh Eropa namun tidak menutup kemungkinan masalah ini menyerang pengguna WhatsApp di seluruh dunia. (*)