Facebook, WhatsApp, dan Instagram Sudah Kembali Normal, Kenapa Sering Down ?

Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali down atau tumbang malam ini, Rabu (3/7/2019). Ini menjadi peristiwa tumbangnya layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram, setidaknya untuk yang ketiga kalinya semenjak awal 2019.

Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh tidak bisa mengunduh file media seperti foto. Ada pula yang mengeluh tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Beberapa pengguna Instagram mengaku gagal mengunduh Stories, meski masih bisa menyegarkan beranda. Di situs Facebook, pengguna mengaku sulit melakukan log-in dan foto di Facebook Stories tidak bisa dimuat.

Menurut situs pendeteksi layanan online, Downdetector, ada 1.630 laporan secara global yang masuk terkait tumbanganya WhatsApp hingga pukul 22.00 WIB. Sementara Instagram memiliki 12.574 laporan, dan Facebook memiliki 7.180 laporan di jam yang sama.

 

Dilihat dari sebaran peta Downdetector, error-nya WhatsApp banyak dirasakan di wilayah Eropa dan Amerika Selatan. Sementara Instagram dan Facebook banyak dikeluhkan penggunanya di Eropa dan Amerika.

Kendati demikian, beberapa pengguna Facebook, WhatsApp, dan instagram di Indonesia juga mengeluhkan hal yang sama.

Banyak pengguna mengeluhkannya di Twitter. Bahkan, tagar #whatsappdown dan #instagramdown menjadi trending topic lokal.

Dari situs developer Facebook, tim Facebook mengklaim adanya masalah pada platform API. “Saat ini kami sedang mengalami penurunan kinerja di seluruh endpoints API. Kami sedang memperbaikinya segera,” tulis tim Facebook.

Jika ditelusuri, ini sudah kesekian kalinya layanan Facebook tumbang secara bersamaan. Perstiwa serupa setidaknya sudah terjadi empat kali pada 2019.

Dalam kejadian terkini, situs DownDetector.com menunjukkan Facebook, Instagram, dan WhatApp mulai bermasalah sekitar 21.00 WIB kemarin malam.

Sebagian besar oleh para pengguna ketiga layanan di Indonesia. Gangguan berlangsung selama beberapa jam hingga dini hari tadi, sebelum akhirnya dinyatakan sudah berhasil diatasi  oleh Facebook.

“Hari ini, beberapa orang dan pebisnis mengalami masalah dalam mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file lain di aplikasi dan platform kami. Masalah tersebut telah terselesaikan dan kembali lagi 100 persen untuk semua orang,” tulis Facebook.

Pemberitahuan yang sama juga diunggah oleh akun resmi Instagram di Twitter dengan keterangan yang lebih singkat. “Kami kembali! Masalah telah terselesaikan dan kembali normal 100 persen untuk semua. Kami mohon maaf atas ketidaknyamananya,” tulis Instagram.

Dari pantauan radarcirebon.com, layanan Facebook, Instagram, maupun WhatsApp memang sudah berfungsi normal seperti sediakala.

 

Berita Terkait