Foden Bawa City ke Puncak Klasemen Premier League

Manchester City vs Tottenham Hotspur
Phill Foden (depan) mengekspresikan diri denngan mengepalkan tangan usai mencetak gol satu-satunya Manchester City ke gawang Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Sabtu (20/4) malam WIB. FOTO: Rui Vieira/AP

MANCHESTER – Phil Foden menyelamatkan Manchester City dari persaingaan dengan Liverpool di puncak klasemen sementara Premier League. Pemain yang berposisi sebagai gelandang sisi kiri itu mencetak gol satu-satunya bagi The Citizens –julukan City- ke gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan pekan ke-34 Premier League, Sabtu malam (20/4).

Bertanding di Etihad Stadium, Foden mencetak gol tersebut cukup cepat. Yakni, pada menit ke-5 usai kick-off.

Selainmenyelamatkan selisih 1 poin dengan Liverpool di puncak klasemen sementara, Foden juga sukses membalas kekalahan City oleh Spurs –sebutan Tottenham- di semifinal Liga Champions. Di mana, City harus tersingkir oleh Spurs pada kompetisi bergengsi di Eropa itu, tiga hari lalu.

Pelatih City, Josep Guardiola menurunkan Oleksandr Zinchenko yang sempat absen dalam beberapa pertandingan. Sementara di lini tengah, juru taktik berpaspor Spanyol itu menurunkan Foden sejak menit awal untuk berduet dengan Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan. Sementara Spurs mengandalkan Son Heung-Min untuk membongkar pertahanan tuan rumah.

Pelatih Spurs, Mauricio Pochettino melakukan perubahan di sektor penjaga gawang. Yakni mengistirahatkan Hugo Lloris, dan memainkan Paulo Gazzaniga.

Berdasarkan statistic Livescore.com, City berhasil menguasai jalannya laga dengan 60% ball possessions. City melakukan 8 kali percobaan tendangan ke gawang, dan hanya 3 yang berhasil on target.

Sementara Spurs menciptakan 4 tendangan ke gawang, 2 di antaranya berhasil menemui sasaran. Meski Harry Kane sudah sembuh dan diterjunkan, namun Spurs belum bisa menjebol gawang City hingga usai pertandingan.

Kini, City berada di puncak klasemen dengan 86 poin. Selisih 1 poin dengan Liverpool (85 poin) yang berada di peringkat kedua. (mid)