Gawat! Pertanian Kabupaten Cirebon Terancam Punah

Semprot-masal-wbc-1
Ilustrasi Pertanian

CIREBON-Pertanian di Kabupaten Cirebon sebagai lumbung pangan nasional, terancam punah. Pasalnya, sudah sangat sedikit generasi muda yang mau berkecimpung dalam dunia pertanian.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cirebon Drs H Imron Rosadi MAg kepada Radar Cirebon mengatakan, pertanian di Kabupaten Cirebon memiliki berbagai permasalahan yang cukup banyak.

Yang paling menonjol adalah tidak adanya generasi muda yang berkecimpung dalam soal pertanian.  “Kalau nggak ada generasi muda yang menekuni pertanian, bisa jadi pertanian di Kabupaten Cirebon punah. Padahal, Kabupaten Cirebon adalah lumbung pangan nasional,” tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar generasi muda di Kabupaten Cirebon menekuni dunia pertanian. Menurut Imron, menekuni dunia pertanian, tidak selalu harus menjadi petani. Namun bisa kuliah mengambil jurusan pertanian, kemudian mengembangkan pertanian di Kabupaten Cirebon. “Jangan sampai pertanian di Kabupaten Cirebon sebagai lumbung pangan nasional punah. Sebaliknya, harus bisa berkembang lebih baik lagi,” ucap pria yang juga wakil bupati Cirebon terpilih ini.

Selain itu, persoalan lahan pertanian yang semakin berkurang, menjadi persoalan tersendiri. Meskipun pembangunan semakin pesat, lanjutnya, harusnya tidak sampai mengorbankan lahan pertanian yang subur. “Pembangunan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pertanian di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya. (den)