Gempa Bumi Cirebon karena Pergerakan Sesar Lokal

CIREBON-Jumat dini hari (30/8), wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya mengalami gempa bumi sekitar pukul 02:20:45 WIB. Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa berkekuatan M=2.7 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 6.75 LS – 108.62 BT, tepatnya berada di laut pada jarak 8 km Tenggara Kota Cirebon, dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho ST MSi menjelaskan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang berada di daerah sekitar Cirebon.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kota Cirebon  dengan Skala Intensitas I – II MMI.  “Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa,” katanya, dalam keterangan pers tertulis.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang. BMKG juga terus memantau perkembangan gempabumi tersebut. (gus)

Berita Terkait