Golkar di Indramayu Kembali Berjaya, 22 Kursi, Naik Dibanding 2014

PKS dan Nasdem Turun

Ilustrasi

INDRAMAYU-Perolehan kursi DPRD di wilayah III (Ciayumajakuning) kian jelas dengan tuntasnya pleno tingkat kabupaten/kota. Dan, yang cukup menonjol di Kabupaten Indramayu. Di sana, Partai Golkar tak tergoyahkan. Kokoh dengan 22 kursi. Angka itu naik dibanding Pemilu 2014.

Ketua Bagian Komunikasi, Media dan Penggalangan Opini DPD Partai Golkar Indramayu Sutomo SH membenarkan Golkar berhasil meraih 22 kursi. Dikatakan, Golkar meraih kursi terbanyak di Dapil 1 dengan 5 kursi. Lalu Dapil 2 mendapatkan 2 kursi, Dapil 3 dengan 4 kursi, Dapil 4 memperoleh 2 kursi, Dapil 5 mendapatkan  4 kursi, dan Dapil 6 memperoleh 5 kursi.

Sementara dua partai di bawahnya yaitu PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) stagnan dengan meraih masing-masing 7 kursi. Kemudian Partai Gerindra, kali ini sukses mendapatkan 6 kursi atau naik 1 kursi dibandingkan tahun 2014. Partai Demokrat juga berhasil mempertahankan 3 kursi.

Partai yang mengalami penurunan perolehan kursi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Hanura. PKS kali ini hanya mendapatkan 2 kursi dari Dapil 1 dan Dapil 6, Nasdem dan Hanura masing-masing 1 kursi. Nasdem memperoleh satu-satunya kursi dari Dapil 3, sedangkan Hanura dari Dapil 1. Sementara pendatang baru, Perindo, mampu meraih 1 kursi dari Dapil 3.

Ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu Muhammad Sholihin mengatakan meski PKB dengan PDI Perjuangan sama-sama mendapatkan 7 kursi DPRD Indramayu pada Pemilu 2019 ini, namun kali ini PKB berhasil menyalip PDI Perjuangan dalam perolehan suara. Kalau sebelumnya pada Pemilu 2014 PKB hanya mendapatkan 106.321 suara, kali ini naik menjadi 109.598 suara. “Walaupun kenaikan suara PKB hanya sekitar 3.000 suara, tapi ini merupakan sejarah baru di mana suara PKB mampu melampaui PDIP,” ujarnya.

Secara keseluruhan Golkar menguasai setiap Dapil. Dapil 1 Golkar mendapatkan 5 kursi dari 10 kursi yang diperebutkan. Sisanya diperoleh PKB (1), Gerindra (1), PDI Perjuangan (1), PKS (1), dan Hanura (1). Kemudian di Dapil 2 Golkar meraih 2 dari 7 kursi yang diperebutkan. Di dapil ini PKB juga mengimbangi Golkar dengan meraih 2 kursi. Sisanya diraih Gerindra (1), PDIP (1), dan Demokrat (1).

Di Dapil 3 Golkar juga menguasai dengan 4 kursi dari 10 kursi yang ada. Sisanya dibagi PKB (1), Gerindra (1), PDIP (1), Nasdem (1), Perindo (1) dan Demokrat (1). Kemudian di Dapil 4, Golkar meraih 2 dari 6 kursi yang diperebutkan. Sisanya diperoleh PKB (1), Gerindra (1), PDIP (1), dan Demokrat (1). Sementara di Dapil 5 dari 7 kursi Golkar merebut 4 kursi. Tiga kursi tersisa diraih PKB (1), Gerindra (1), dan PDIP (1). Di Dapil 6 Golkar juga berkuasa dengan meraih 5 dari 10 kursi yang tersedia. Sisanya diperolah PKB (1), Gerindra (1), PDIP (2), dan PKS (1).

Kabupaten Indramayu terbagi dalam 6 daerah pemilihan (dapil). Dapil 1 meliputi Kecamatan Indramayu, Sindang, Pasekan, Cantigi, Arahan, Lohbener, dan Balongan, Dapil 2 meliputi Juntinyuat, Karangampel, Krangkeng,  dan Kedokanbunder, kemudian Dapil 3 Jatibarang, Sliyeg, Widasari, Tukdana, Bangodua, Kertasmaya, dan Sukagumiwang.

Dapil 4 Kecamatan Lelea, Cikedung, Terisi, dan Losarang, lalu Dapil 5 meliputi Kroya, Gabuswetan, Kandanghaur, serta Bongas, dan Dapil 6 adalah Anjatan, Sukra, Patrol, Haurgeulis, dan Gantar. (oet)

Berita Terkait