Gotong Royong Jaga Lingkungan, Pemkab Indramayu Sukses Bawa Pulang Adipura Ke-10

Ilustrasi Piala Adipura

INDRAMAYU-Awal tahun 2019, Kabupaten Indramayu mendapat kado manis. Hasil usaha Pemerintah Kabupaten Indramayu dan stake holder selama ini dalam menjaga lingkungan hidup berbuah manis. Piala Adipura kini dalam genggaman. Bukan yang pertama kali. Namun Piala Adipura kali ini menjadi Piala Adipura yang ke sepuluh.

Penghargaan Adipura yang diraih Kabupaten Indramayu adalah Adipura untuk kategori Kota Kecil. Penghargaan ini akan diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla Wakil Presiden RI kepada Plt Bupati Drs H Supendi MSi di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Senin (14/1).

Piala adipura yang diraih kali ini adalah Piala Adipura tahun 2018. Seharusnya piala ini diserahterimakan pada Juni tahun lalu. Namun karena ada keterlambatan, penyerahan baru dilakukan awal tahun 2019. Konsisten meraih Penghargaan Adipura tentu bukan hal yang mudah. Koran ini mencatat, sejak tahun 2007, Kabupaten Indramayu berhasil meraih 10 kali penghargaan Adipura. Raihan piala Adipura hanya terputus di tahun 2011 dan 2014. Bahkan sejak tahun 2015, penghargaan Adipura diraih empat kali berturut-turut hingga saat ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Ir Aep Surahman, didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Ir Dedi mengatakan selama ini Pemkab Indramayu bersama seluruh stakeholder terkait terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Khususnya masalah kebersihan dan pengelolaan sampah.

“Ada atau tidaknya penghargaan Anugerah Adipura, Dinas Lingkungan Hidup akan terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Sedangkan penghargaan yang diterima, merupakan bonus dari hasil kerja keras selama ini,” ujarnya.

Beberapa upaya terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga lingkungan. Di antaranya dengan meningkatkan sarana dan prasarana kebersihan, berupa armada pengangkut sampah serta perbaikan dan pengoptimalan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pecuk. “Sejauh ini alat angkut yang kita miliki berupa dump truck serta arm roll. Sedangkan pengoperasian TPA Pecuk, akan terus kita tingkatkan dalam hal pengelolaan sampah,”ujarnya.

Halaman: 1 2 3