Gunakan Dana Desa Bangun Tempat Pengelolaan Sampah

MEMBANGUN: Kades Nagarakembang Uned bersama perangkat desa memantau pembangunan fasilitas pengelolaan sampah, (13/5). FOTO: BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA
MEMBANGUN: Kades Nagarakembang Uned bersama perangkat desa memantau pembangunan fasilitas pengelolaan sampah, (13/5).FOTO: BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Pemerintah Desa Nagarakembang, Kecamatan Cingambul mengambil inisiatif untuk mengatasi persoalan sampah.

Salah satunya dengan membangun fasilitas penggelolaan sampah berukuran 6×4 meter di Blok Cibatu. Pembangunan itu diprediksi menelan anggaran Rp55,3 juta dan dibangun dari Dana Desa tahap pertama.

Kepala Desa Nagarakembang Uned didampingi Kaur Ekbang Agus Herman menjelaskan fasilitas pengelolaan sampah ini sengaja dibangun untuk mengajak masyarakat desa agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Diharapkan, sampah-sampah yang berasal dari limbah pabrik ataupun rumah tangga tidak dibuang secara sembarangan,” jelasnya.

Nantinya akan ada petugas khusus yang datang ke rumah-rumah warga untuk mengangkut sampah ke tempat pengelolaan sampah yang sedang dibangun.

Setelah sampah terkumpul, lanjut dia, para petugas akan memilah sampah yang bisa didalur ulang, dibakar dan sampah lainnya.

“Rencananya akan ada 5 petugas. Mereka akan dibagi tugas untuk berkeliling ke rumah warga setiap 3 hari sekali, mengelola sampah dan menarik iuran sampah sebulan sekali sebesar Rp5.000 per rumah,” jelasnya.

Untuk penggunaan Dana Desa tahap pertama, Uned menyebutkan selain pembangunan fasilitas pengelolaan sampah, pihaknya juga melakukan pengerasan jalan Blok Cibatu-Cikopo, dan pembangunan jalan gang dengan rabat beton.

“Sehingga melalui pembangunan fisik tersebut diharapkan penataan kawasan permukiman bisa terwujud. Walaupun desa kami berada di daerah pelosok namun kami ingi memiliki lingkungan penduduk yang bersih, sehat serta tidak becek,” pungkasnya. (iim/adv)