H+2 Lebaran, Cigasong-Maja Macet

CIGASONG-MAJA-MACETTERJUN LANGSUNG: Waka Polres Kompol Ijang Syafei SPd SH mengatur arus lalu lintas di wilayah Maja, Minggu (17/6). FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – H+2 Lebaran Idul Fitri, jalur lalu lintas Cigasong-Maja sangat padat, Minggu (17/6). Dampaknya, perjalanan dari Cigasong-Maja yang semula bisa ditempuh 30 menit, dengan adanya kepadatan, perjalan jadi molor sampai satu jam.

Salah seorang pengendara dari Cigasong, Rustiyanti (26) mengatakan, kepadatan mulai terjadi ketika memasuki wilayah Desa Kaunggirang. Dan, ketika hendak memasuki wilayah Maja, kemacetan terjadi.

“Jadi waktu perjalanan biasa kurang lebih 30 menit, dengan adanya kemacetan yang terjadi di wilayah Maja, waktu perjalanan hampir mencapai 1 jam,” ungkapnya saat beristirahat di wilayah Maja.

Sementara itu, berdasarkan keterangan warga lainnya,  Fajrul (26), kondisi kemacetan terjadi karena di momen Lebaran ini banyak warga di luar Majalengka berkunjung ke wilayah Maja dan Argapura untuk menikmati pesona wisata bersama keluarga.

“Imbasnya akses di wilayah Maja jadi macet dan kondisi terjadi setiap tahun. Apalagi menurut beberapa pengendara, akses di wilayah Kuningan ini macet, sehingga banyak pengendara yang lebih memilih memakai jalur di Kabupaten Majalengka melalui akses Talaga, Maja dan Cigasong,” ungkapnya.

Kondisi tersebut membuat petugas harus ekstra keras mengatur arus lalu lintas. Bahkan, Waka Polres Majalengka terjun langsung dalam pengaturan lalu lintas di Simpang Tiga Kecamatan Maja.

“Kegiatan pengaturan arus lalu lintas dan pengamanan sudah menjadi rutinitas anggota polres dan polsek dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan yang melaksanakan aktivitas di hari libur Idul Fitri,” ungkap Waka Polres Kompol Ijang Syafei SPd SH.

Ditambahkan Ijang, saat ini personel lainnya di kerahkan di setiap jam-jam yang rawan terutama di jalan raya persimpangan guna memberikan rasa aman, nyaman sehingga pengguna jalan tiba di tempat tujuan dengan selamat. (bae)