Harga Daging Ayam di Majalengka Mulai Normal

Peternak Semringah, Kini Dibanderol Rp18.500/Kg

ILUSTRASI-Daging Ayam
ILUSTRASI-Daging Ayam

MAJALENGKA-Harga daging ayam di tingkat peternak Majalengka mulai kembali normal. Sempat anjlok di harga Rp8-12 ribu per kilogram, kini harga ayam di tingkat peternak sudah  mencapai Rp18.500 per kilogram.

Salah seorang peternak ayam di Kelurahan Sindangkasih, Kabupaten Majalengka, Hendrik menuturkan kenaikan harga itu sudah berlangsung beberapa hari terakhir. Sebelumnya harga daging ayam per kilogram mencapai Rp8 ribu di tingkat peternak.

“Karenanya para peternak ayam banyak yang mengalami kerugian dan sebagian besar terpaksa gulung tikar,” ujarnya.

Dia menuturkan, saat panen dua hari lalu, harga ayam sudah mencapai Rp18.500 per kilogram. Dengan harga tersebut, setidaknya para peternak bisa kembali bernafas dan bisa mencicil kerugian yang diderita sebelumnya.

Peternak lainnya Asep menyebutkan, kerugian dari usaha ayam seringkali terjadi terutama dari banyaknya ayam yang mati saat musim angin besar. Terutama bagi peternak yang modalnya mengandalkan pihak ketiga.

Dengan banyaknya ayam yang mati, apalagi dengan harga yang anjlok, peternak mengalami kerugian besar. Namun bagi pemodal kecil seperti dirinya, ia tidak memusikan DOC atau bibit ayam. Karena DOC dikirim oleh pengusaha lain.

Dirinya hanya menyediakan kandang dan vitamin serta pakan saja. Saat menjual harganya tergantung pemasok DOC. Namun ketika mengalami kerugian, utang bekas DOC bisa dicicil setiap kali panen ayam. (ono)

Berita Terkait