Harga Sejumlah Komoditas Bahan Pokok Merangkak Naik

HARGA-SAYURAN-MERANGKAK-NAIK
Petugas Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kuningan memantau kondisi harga di Pasar Kepuh, kemarin. Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Awal tahun 2019 disertai melonjaknya harga sejumlah kebutuhan pokok seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, telur hingga daging ayam. Namun, sebagian harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil.

Seperti terpantau di Pasar Kepuh Kuningan, harga cabai merah saat ini sudah mencapai Rp 40.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 35.000. Bawang merah saat ini Rp 28.000 dari sebelumnya Rp 25.000 dan bawang putih dari Rp 18.000 menjadi Rp 20.000.

Kenaikan harga juga terjadi pada sayuran jenis wortel yang kini Rp 17.000 dari sebelumnya Rp 16.000 dan tomat dari Rp 7.000 menjadi Rp 8.000 per kilogram. Begitu juga dengan komoditi daging ayam Rp 38.000 dari sebelumnya Rp 35.000 dan telur yang kini harganya Rp 26.000 dari sebelumnya Rp 25.000.

Petugas Pemantau Pasar Disperindag Kabupaten Kuningan Arisman mengatakan, kenaikan harga tersebut terjadi sejak sehari sebelum malam tahun baru atau 31 Desember lalu. Arisman mengatakan, salah satu penyebab kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut disebabkan karena faktor cuaca yang saat ini curah hujan cukup tinggi.

“Dari informasi para pedagang, kenaikan harga tersebut disebabkan karena banyak petani yang mengalami gagal panen akibat curah hujan tinggi. Terutama cabai merah, tomat dan wortel, yang ternyata kondisi cuaca dengan intensitas hujan tinggi sangat mempengaruhi hasil panen,” ujar Arisman.

Kondisi ini, kata Arisman, diprediksi masih akan terjadi selama musim hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi. Terutama untuk komoditas sayur mayur, dia memprediksi ke depan akan berpengaruh juga pada sayuran lainnya.

Namun demikian, kenaikan sejumlah barang kebutuhan ibu-ibu rumah tangga tersebut ternyata tidak terjadi pada beberapa kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak dan terigu. Sejumlah kebutuhan pokok tersebut masih terbilang normal.

“Untungnya kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng masih stabil sehingga tidak berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat. Mudah-mudahan ke depan kondisi cuaca bisa bersahabat sehingga bisa berdampak positif terhadap harga kebutuhan seperti telur dan sayuran bisa berangsur normal,” ujar Arisman. (fik)