Hari Ini, 50 Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Dilantik

ilmi-gladiresik pelantikan DPRD (2)
GLADI RESIK: Para calon anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019-2024 melakukan gladi resik untuk persiapan pelantikan yang akan digelar hari ini, Senin (16/9). FOTO: ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON– Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019-2024 hari ini dilantik. Semua persiapan sudah 100 persen. Termasuk dua pimpinan sementara pasca dilantik.

Mohamad Luthfi MSi yang berangkat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai ketua DPRD Sementara, dan Rudiana SE yang berangkat dari PDI Perjuangan sebagai wakil ketua DPRD Sementara.

Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas SP MP mengatakan, menjelang pelantikan, anggota DPRD periode 2019-2024 melaksanakan gladi resik yang digelar di ruang paripurna.

“Gladi resik sendiri dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, H Mustofa SH bersama wakil ketua, H Subhan,” ujar Asep kepada Radar Cirebon, di sela-sela gladi resik, kemarin (15/9).

Menurutnya, gladi resik dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para anggota dewan, baik yang sudah pernah dilantik atau yang belum. Agar saat prosesi pengucapan sumpah, bisa berlangsung dengan tertib dan khusyuk.

“Selama kegiatan gladi resik, beberapa anggota DPRD yang kembali terpilih nampak akrab duduk berdampingan bersama calon DPRD terpilih yang akan melangsungkan pelantikan,” tuturnya..

Dia menjelaskan, meskipun sebagian pesertanya terdiri dari anggota DPRD yang pernah menjabat, proses pelantikan masih harus dipandu. “Ini biar lancar saja besok (hari ini, red) pada saat prosesi pengambilan sumpah,” bebernya.

Asep memastikan, 50 anggota DPRD terpilih akan dilantik, hadir. Meskipun pada saat gladi ini, ada beberapa anggota DPRD terpilih, berhalangan. Pada saat pelaksaan seluruhnya akan hadir.

“Setelah proses gladi resik, H-1 sebelum pelantikan 50 anggota dewan dikarantina untuk mengantisipasi ketidakhadiran,” ucapnya.

Untuk tamu undangan, seluruh undangannya sudah disebar ke semua SKPD, tamu daerah tetangga, ormas, partai politik, provinsi dan unsur forkopimda serta keluarga anggota dewan.

“Insyaallah, saat proses pelantikan akan berjalan lancar, aman dan kondusif,” tuturnya.

Sementara itu, Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon, Wawan Siswandar SE MSi mengatakan, pelantikan anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019-2024 yang akan digelar hari ini, tak berdampak pada pemberian hak-hak keuangan para wakil rakyat.

Gaji dan tunjangan tetap utuh. Meskipun anggota DPRD yang baru dilantik itu kerja setengah bulan. “Gaji dan tunjangan anggota DPRD yang baru tetap utuh,” imbuhnya.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, pemberian gaji dan tunjangan diberikan setelah disumpah, janji jabatannya sebagai anggota DPRD.

“Jadi, ketika dilantik 16 September, mereka (anggota dewan, red) berhak mendapatkan gaji dan tunjangan di awal bulan Oktober. Termasuk anggota dewan lama yang kembali terpilih. Meskipun SK-nya baru keluar di bulan November. Tetap gaji dan tunjangan diberikan di awal bulan setelah dilantik,” jelasnya.

Wawan menjelaskan, pengajuan gaji dan tunjangan untuk anggota dewan oleh Sekretariat DPRD itu tanggal 30. Sehingga di awal bulan semua hak-hak anggota dewan bisa diberikan. “Semua anggota dewan selama lima tahun, berarti berhak mendapatkan hak-haknya selama 60 bulan,” tuturnya. (sam)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait