Hari Lalu Lintas, Polres Kuningan Bantu Warga Krisis Air Bersih

KUNINGAN-Jajaran Polres Kuningan memperingati Hari Lalu Lintas ke 64 yang jatuh pada tanggal 22 September ini dengan menggelar banyak kegiatan sosial, salah satunya pembagian air bersih untuk warga Dusun Calincing, Desa Margamukti, Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan,  Jumat (20/9).

Kehadiran satu tanki air bersih yang dikerahkan ke lokasi langsung disambut antusias warga Calincing yang sudah membekali diri dengan ember, jeriken hingga baskom. Untuk ketertiban, petugas pun meminta warga untuk menyimpan wadah-wadah tersebut untuk kemudian diisi satu persatu oleh petugas.

Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Sopyan Efendi memimpin langsung pembagian air bersih untuk warga Calincing tersebut. Dikatakan,  pendistribusian air bersih dalam rangka peringatan HUT Lalu Lintas ini merupakan bentuk empati dan kepedulian kepolisian untuk membantu warga yang tengah kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sebelumnya kami sudah melakukan survey terhadap wilayah mana saja yang mengalami krisis air bersih dan kekeringan. Akhirnya, kami memilih di Dusun Calincing Desa Margamukti ini karena memang benar-benar membutuhkan air bersih. Paling tidak, dengan bantuan ini dapat meringankan warga yang sedang kesusahan. Sebab, air adalah sumber utama kehidupan bagi makhluk hidup, termasuk manusia,” ujar Sopyan.

Wilayah yang dibantu tersebut, kata Sopyan, hampir setiap tahun mengalami kekeringan. Adapun air yang dikirim untuk warga, kata Sopyan, satu tanki kapasitas 8.000 liter air diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk beberapa hari ke depan.

“Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Insya Allah kiriman air bersih akan dilakukan secara rutin dan melibatkan instansi lain tentu atas koordinasi Kapolres dan Wakapolres,” ujarnya.

Sementara itu Mimin salah satu warga Calincing mengaku senang mendapat bantuan air bersih dari Polres Kuningan tersebut. Pasalnya selama kemarau tiga bulan terakhir ini menyebabkan sumur-sumur di Dusun Calincing mengering sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Alhamdulillah kami sangat berterima kasih karena ada bantuan air bersih. Sejak tiga bulan terakhir ini sumur kami mulai mengering, kalaupun keluar air kapasitasnya hanya sedikit, menunggu semalaman dulu untuk bisa dapat satu ember. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Polres Kuningan kami sangat terbantu, semoga bisa berlanjut sampai kemarau usai,” harap Mimin. (fik)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait