Hat-trick Pertama Sterling, Bawa Inggris Menang 5-0

Raheem Sterling (kanan) mencetak gol saat Inggris menjamu Republik Ceko pada pertandingan babak penyisihan Grup A kualifikasi Euro 2020 di Wembley Stadium, Sabtu (23/3) pagi WIB. FOTO: TIM IRELAND/AP
Raheem Sterling (kanan) mencetak gol saat Inggris menjamu Republik Ceko pada pertandingan babak penyisihan Grup A kualifikasi Euro 2020 di Wembley Stadium, Sabtu (23/3) pagi WIB.FOTO: TIM IRELAND/AP

LONDON–Raheem Sterling tidak hanya subur di klubnya, Manchester City. Mantan pemain Liverpool itu juga mantap di Timnas Inggris. Buktinya, Sterling mencetak hat-trick saat Inggris mengawali petualangan di babak kualifikasi Euro 2020.

Bertanding di Stadion Wembley, Sabtu (23/3) pagi, The Three Lions –julukan Inggris- menghajar Republik Ceko 5-0 dalam matchday pertama Grup A. Selain Sterling, dua gol Inggris lainnya dicetak Harry Kane dan bunuh diri Tomas Kalas.

Raihan tiga poin tersebut, jadi modal bagus bagi Inggris yang di partai selanjutnya melawan Montenegro. Sementara bagi Ceko, berikutnya akan menjalani partai persahabatan melawan Brasil. Di babak pertama, Inggris sangat agresif tampil di hadapan publik sendiri. Saking agresifnya, Inggris harus kehilangan salah satu pemain. Eric Dier tak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera. Dia digantikan Ross Barkley di menit ke-17.

Inggris selanjutnya, membuka keunggulan di menit ke-24 lewat gol Sterling usai meneria assist dari Jadon Sancho. Jelang babak pertama usai, Inggris mendapat hadiah penalti setelah Sterling dilanggar Pavel Kaderabek dan Kalas di kotak terlarang. Kane yang maju sebagai eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor 2-0 untuk keunggulan Inggris bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Inggris sukses menambah keunggulan di menit ke-62. Lagi-lagi, lewat aksi Sterling. Dia melepas tembakan melengkung yang tak bisa dihalau Jiri Pavlenka. Sterling benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Ceko. Dia menyempurnakan penampilan impresifnya dengan mencetak gol ketiga di menit ke-68. Ini adalah hat-trick pertama Sterling di level internasional.

Penderitaan Ceko semakin bertambah setelah Kalas melakukan gol bunuh diri di menit ke-84. Aksi Callum Hudson-Odoi sempat bisa dimentahkan Pavlenka, tapi bola justru mengenai Kalas dan berbalik masuk ke gawang timnya sendiri. Skor 5-0 untuk kemenangan Inggris pun menjadi hasil akhir laga ini.

Hasil ini membuat Inggris ada di puncak klasemen sementara dengan 3 poin. Di susul Montenegro yang ada di peringkat dua setelah bermain imbang 1-1 dengan Bulgaria. Ceko yang kalah 0-5 oleh Inggris harus puas berada di peringkat lima. (mid)