Honda Apresiasi Entrepreneur Kreatif Millenial

AHM_AHMBS2019. 01
AHM_AHMBS2019. 02 : Ketua Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) I Putu Astawa (Kiri) menyerahkan beasiswa kepada seluruh peserta Astra Honda Best Student 2019 dengan total nilai 54 juta.FOTO: ASTRA HONDA MOTOR FOR RADAR CIREBON

JAKARTA – Kreativitas dalam merintis dan mengembangkan usaha menjadi salah satu kunci sukses berwirausaha di era millenial. Berangkat dari hal ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menyeleksi dan membina 25 siswa setingkat SMA sebagai entrepreneur kreatif muda, cerdas, dan menginspirasimelalui rangkaian AHM Best Student (AHMBS) 2019.

Setelah melewati seleksi ketat di masing-masing daerah, 25 siswa yang terseleksi dari 411 peserta yang tersebar di 222 sekolah di Indonesia ini menjalani seleksi final yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (25/7).

Didukung jaringan main dealer sepeda motor Honda, para pebisnis millennial ini beradu kreativitas bisnis di tengah komitmen mereka menimba berbagai ilmu sekolah masing-masing. Tahun ini menjadi semakin special seiring diselenggarakannya program Alumni Berbagi Ilmu yang dilakukan oleh 48 alumni AHMBS kepada para peserta.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, kreativitas dari generasi millennial merupakan aset yang dapat berkontribusi positif untuk masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia. Melalui kompetisi AHMBS, AHM terus menjaga komitmennya dalam mendukung kreativitas siswa SMA yang menjalankan bisnis dengan manfaat luas untuk masyarakat sekitarnya.

”AHM selalu berkomitmen untuk dapat memberikan kontibusi kepada bangsa Indonesia. Dalam bidang pendidikan, kami memberikan wadah berkarya bagi para entrepreneur millennial kreatif sebagai bentuk apresiasi atas kegigihan mereka dalam membangun usaha,” ujar Muhibbuddin.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-17, AHMBS 2019 mengusung tema “Creativepreneur Gen Millenial”. Identitas ini menegaskan AHMBS sebagai kegiatan yang sangat kompetitif dengan peserta terbaik, yakni wirausaha kreatif yang lahir dari generasi millennial dan memiliki karakter khas, yaitu kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi khususnya media sosial.

Hasil karya yang lolos menuju seleksi nasional menjadi bukti kreativitas yang semakin meningkat di kalangan millenial. Hasil karya peserta AHMBS nasional beragam meliputi berbagai bidang, baik kuliner, pengolahan limbah, agrobisnis, kecantikan, kesehatan, fashion, hingga jasa.

Dalam proses penjurian final di Jakarta, karya 25 siswa terbaik diverifikasi tim AHM bersama PPM School of Management. Semua siswa wajib melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Penilaian juri meliputi beragam aspek, yaitu kegigihan dalam mengembangkan usaha bisnsis, kreativitas dan inovasi bisnis, kinerja bisnis, pemanfaatan media social sebagai sarana pemasaran, prospek bisnis di masa datang, dan kemampuan memaparkan bisnisnya di hadapan dewan juri.

Setelah melalui tahapan seleksi baik paper dan presentasi, terpilih enam orang siswa peserta AHMBS, lima  siswa terbaik hasil dari seleksi dan satu siswa yang memiliki video produk terbaik, untuk maju ke tahap terakhir yaitu presentasi final di hadapan dewan juri dan disaksikan oleh para peserta lain. Pada tahapan ini para dewan juri berdiskusi panjang sebelum akhirnya memutuskan pemenang dari AHMBS 2019.

Terpilih juara best of the best, Rizal Alamsyah dari SMKN 1 Batealitmain dealer  Asmo Jateng dengan tema bisnis Olahan Terasi berteknologi Osmosis. Hasil karya terbaik dari AHMBS 2019, AHM memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah satu unit motor Honda BeAT eSP. Sesuai dengan filosofi perusahaan, AHM berharap sepeda motor ini dapatmengantarkan pemenang AHMBS untuk mengejar mimpi-mimpi selanjutnya.

Selain itu, semua finalis yang menempati posisi enam besar mendapatkan hadiah masing-masing berupa gadget untukmendukung operasional bisnisnya dan tambahan beasiswa.

Semua peserta finalis AHMBS 2019 yang masuk dalam babak final (25 siswa) juga berhak mendapatkan beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp54 juta.

AHMBS 2019 turut didukung oleh Yayasan AHM dan juga anak perusahaan AHM yaitu PT SuryarayaRubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia

”Harapannya, program AHMBS dapat melahirkan jutaan pengusaha muda kreatif dan mandiri yang akan memajukan perekonomian masyarakat di berbagai bidang,” tambahnya. (swn)