Honda Jazz Dijebol, Parkir di Mall Belum Dijamin Aman

OLAH TKP: Anggota Tim Inafis Satreskrim Polres Ciko melakukan identifikasi sidik jari di mobil milik Agus yang dibobol pencuri, kemarin.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Para pencuri barang di dalam mobil kini menggunakan modus baru. Sebelumnya marak pencurian dengan modus pecah kaca mobil, kali ini sebuah mobil Honda Jazz warna putih, bernomor polisi E 1569 KZ, dibobol dengan merusak kunci pintu, Jumat siang (18/3), di parkiran sebuah mal di jalur pantura Jl Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon.

Dari peristiwa itu, para pelaku berhasil membawa kabur para sebuah tas berisi sejumlah dokumen, handphone dan uang tunai sebesar Rp20 juta yang dari jok penumpang belakang sebelah kiri. Kasus tersebut kini dalam penyelidikan Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota.

Awalnya, korban bernama Agus (43) warga Kota Cirebon, siang itu sekitar pukul 11.00 WIB, mendatangi mal tersebut. Lalu mobil itu ia simpan di area parkir mall yang ramai dan dijaga petugas satpam. Tak menaruh curiga dan dirasa aman, korban pun masuk ke sebuah obyek wisata kolam renang yang berada di area mal tersebut untuk menjemput anak dan istrinya. Sedangkan tas miliknya ia tinggalkan di jok penumpang belakang.

Sekitar satu jam kemudian, korban beserta anak dan istrinya menuju parkiran mobil hendak pulang terkejut. Pasalnya, lubang kunci pintu mobil sebelah kanan sudah dalam keadaan rusak dijebol maling. Karena curiga, korban mengecek kondisi di dalam mobil. Dan ternyata dugaannya benar, tas berisi uang Rp20 juta dan dokumen serta handphone telah raib.

Mendapati mobilnya dibobol pencuri, korban langsung memberitahukannya ke pihak keamanan mal setempat. Selanjutnya, pihak mal melapor ke polisi. Petugas dari Polsek Lemahwungkuk dan Tim Indonesian Automatic Finger Print Indentification System (INAFIS) atau Unit Identifikasi serta Tim Tekab Satreskrim Polres Cirebon Kota (Ciko) yang datang ke lokasi langsung melakukan olah TKP dan memintai keterangan sejumlah saksi juga korban.

Sayangnya, areal parkir mal mewah tersebut tidak dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV. Pihak mal hanya memasang kamera CCTV di gerbang loket keluar dan masuk saja. Sehingga petugas kepolisian kesulitan untuk mengidentifikasi para pelaku pembobol mobil tersebut. Meski demikian, pihak kepolisian dari Polsek Lemahwungkuk dan Polres Ciko terus mendalami dan menyelidiki kasus pencurian tersebut.

Kepada Radar Cirebon, Agus menduga ada kelalaian dari pihak keamanan maupun pengelola parkir. “Jangankan dibobol kuncinya, ada motor dengan knalpot bising disampingnya saja, alarmnya langsung berbunyi. Tapi ini sungguh aneh, pelaku menjebol lubang kunci mobil dan alarmnya tidak berbunyi,” ujarnya. (dri)