HOT, FLAT and CROWDED

Cukup menarik, mengetahui bagaimana orang Amerika memandang dirinya, negaranya, budaya dan kekurangannya. Juga bagaimana ia melihat negara lain, termasuk di antaranya adalah negara Islam.

Thomas L Friedmen mampu melihat kebodohan-kebodohan yg dilakukan Amerika sepanjang sejarahnya. Ia mengakui pemborosan energi yg dilakukan Amerika sebenarnya menyusahkan politik negeri itu, membuatnya seperti pengemis yang mengetuk pintu-pintu negara timur tengah. Sementara di matanya, Arab gencar membiayai terorisme internasional di masa lalu dan berganti haluan dengan penyebaran paham Salafi dan Wahabi ke seluruh penjuru dunia. Mengubah wajah Islam dunia menjadi Islam gurun yang ekstrim.

Energi sudah membuat peta politik dunia memjadi negara gelap, negara redup dan negara terang yang terlihat dari atas bumi ketika malam. Kemajuan negeri terlihat dari konsumsi energinya. Friedmen tak bisa membayangkan bagaimana negara yg miskin energiĀ  mampu bersaing dengan negara-negara pemilik sumber energi dan teknologi. Ia menyebut Indonesia, Nigeria dan Yaman sebagai negara yg masuk dalam kategori negara kaya sumber energi namun tak siap mengolahnya. Dan baginya, Islam gurun atau Islam laut tengah amat menghambat kemajuan dunia dengan segala dogma yang bukan merupakan islam pada saat turunnya. Islam radikal ini dicap sebagai perwujudan budaya primitif gurun pasir yang tidak menghargai wanita sebagai salah satu cirinya. Arab Saudi yang adalah golongan Islam gurun bersaing dengan negara Islam modern, yaitu Iran dan Turki.

Buku ini membagi bumi ke dalam golongan energinya. Dan Cina kian menjadi ancaman bagi bumi dengan semua pertumbuhan ekonominya. Cina sudah tumbuh menjadi negara yang boros energi dan boros sampah. Ironisnya, banyak negeri yang mengikuti pola pembangunan seperti ini. Akhirnya, bumi ini akan semakin Hot, Flat and Crowded.

Jika ingin memahami dunia dalam peta energinya, buku ini sangat layak dibaca, maka anda akan melihat konflik internasional dalam cara pandang yang baru. (Nurisah Rustandi)

 

Judul : Hot, Flat and Crowded

Penulis : Thomas L. Friedman

Tebal Buku : 582 halaman

Penerbit : PT. Gramedia

Tahun : 2008