Idul Adha, Bank Syariah Mandiri Mengalirkan Berkah

IBADAH: Regional Retail Business Manager Bank Syariah Mandiri, Siti Syarifah menyerahkan sapi sebagai hewan kurban kepada IAIN Syekh Nurjati sebagai bagian dari program BSM Mengalirkan Berkah.FOTO: : APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

CIREBON – Idul Adha menjadi salah satu momen berbagi yang dilakukan banyak orang. Tak terkecuali Bank Syariah Mandiri Cirebon. Melalui program rutinnya, Bank Syariah Mandiri (BSM) Cirebon kembali menggelar BSM Mengalirkan Berkah.

Regional Retail Business Manager Bank Syariah Mandiri, Siti Syarifah mengungkapkan, dalam program BSM Mengalirkan Berkah, terdapat banyak jenisnya. Selain untuk pembangunan masjid, beasiswa, sarana prasaran lain, juga ada program Idul Adha, yang dilakukan setiap tahun.

Seperti dilakukan tahun ini, pihaknya menyisihkan sekian persen untuk menghadirkan berkah. Di momen Idul Adha kali ini, untuk region Jabar, tersalurkan 70 hewan kurban. “Salah satunya kami berikan ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebanyak satu ekor sapi,” tuturnya.

Pihaknya berharap, kurban yang diberikan tersebut bisa dibagikan kepada yang membutuhkan. Sehingga nantinya menjadi berkah untuk semua. Selain memberikan hewan kurban, kemarin (12/8), pihaknya juga mengadakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Pihaknya mengungkapkan, kerjasama dengan IAIN sudah banyak dilakukan di berbagai kota lainnya. Di Cirebon sendiri, penandatanganan kerja sama ini merupakan follow-up kerjasama yang kerap dilakukan sebelumnya.

“Kami ingin menjalin kerjasama yang lebih erat lagi dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama ini,” jelasnya.

Sebelumnya, bentuk kerjasama telah banyak terjalin. Seperti program magang untuk mahasiswa, mengajar dan menjadi praktisi di IAIN. Pihaknya juga mengaku siap untuk menjadi alternatif pilihan kerjasama dalam bentuk pay roll karyawan hingga pembayaran lainnya.

Pihaknya juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, BSM bisa lebih dikenal masyarakat. Termasuk di Cirebon, dan terus bermitra dengan berbagai perguruan tinggi negeri, khususnya lembaga pendidikan Islam.

“Meski begitu, kami juga terbuka untuk umum. Sistem syariah sendiri bisa berlaku untuk semua masyarakat secara universal,” ungkapnya.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg merasa senang dengan kerjasama yang terjalin selama ini. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas hewan kurban yang diberikan. “Hewan kurban ini tentunya akan langsung kami bagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” jelasnya.

Sedangkan mengenai kerjasama yang telah ditandatangani, akan di-breakdown secara teknis oleh rektorat. Sejauh ini, kerjasama yang dilakukan meliputi program magang untuk studi perbankan syariah secara rutin.

“Kami berharap, ke depan, banyak kerjasama yang bisa dilakukan, sehingga terjadi simbiosis mutualisme antara IAIN dan BSM,” pungkasnya. (apr/adv)