Indonesia Siap Tempur di Semifinal AFF U-18

Timnas Indonesia U-18
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini memimpin latihan jelang melawan Myanmar. FOTO: BOLABISNIS.COM

HO CHI MINH – Timnas Indonesia U-18 lagi-lagi meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18, Senin (12/8). Pada matchday keempat kemarin, skuad Garuda Muda berhasil membenamkan Laos dengan skor tipis 2-1.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Senin (12/8), kemenangan didapat berkat gol bunuh diri pemain Laos, Anoulack Vannalath di masa injury time babak kedua. Sebelumnya, Indonesia hanya mampu bermain imbang 1-1. Hasilnya, gol bunuh diri itu membuat skor akhir 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Pelatih Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengakui timnya cukup kesulitan mendobrak pertahanan Laos yang cukup disiplin. Namun, Fakhri menyebut, setelah gol penyeimbang terjadi, timnya mampu tampil lebih baik untuk memberikan tekanan terhadap Laos. Dan hal itu juga diharapkan menjadi pelajaran bagi anak asuhnya.

Fakhri sangat mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang tak pentang menyerah dalam laga tersebut. “Apa pun itu, kemenangan ini sangat berarti bagi kami untuk mengamankan posisi di klasemen. Saya apresiasi kerja keras tim. Ini bukan pertandingan yang mudah,” tuturnya.

Ya, dengan kemenangan ini, Indonesia semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-18 2019 dengan raihan 12 poin dari empat laga. Hasil itu juga sekaligus mengantarkan Indonesia lolos ke semifinal meski masih menyisakan satu laga menghadapi Myanmar, hari ini, Rabu (14/8).

Indonesia memastikan lolos, mengingat, dua klub peringkat teratas dalam satu grup bakal bersaing di semifinal. Indonesia kini dibuntuti Myanamr di peringkat kedua. Adapun Laos, ada di posisi ketiga dengan 6 poin dari empat laga.

“Siapapun lawan di semifinal, kami siap. Kami harus fokus lebih dulu melawan Myanmar di pertandingan terakhir Grup A,” tegas Fakhri. (mid)