Indonesia Tersingkir dari Piala Asia U-23

Laga matchday kedua Grup K antara Indonesia versus Vietnam berlangsung seru. Indonesia kalah 0-1 oleh Vietnam dan tersingkir di Piala AFC U-23. FOTO: INDOSPORT
Laga matchday kedua Grup K antara Indonesia versus Vietnam berlangsung seru. Indonesia kalah 0-1 oleh Vietnam dan tersingkir di Piala AFC U-23.FOTO: INDOSPORT

HANOI–Jangankan berlaga di Olimpiade. Di level Asia saja, Indonesia tak berdaya. Ya, Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke putaran final Piala AFC U-23 2020. Itu setelah Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-23- kalah oleh Vietnam 1-0.

Kekalahan ini membuat poin Indonesia masih 0. Sebelumnya, Garuda Muda dikalahkan Thailand 4-0 pada pertandingan pertama Grup K (22/3). Gol Vietnam terjadi pada menit ke-90+3. Adalah Trieu Viet Hung yang menjadi mimpi buruk bagi Indonesia. Dia melesakkan gol lewat sundulan.

Pertandingan terakhir Indonesia di Grup K adalah melawan Brunei Darussalam, 26 Maret 2019. Laga ini tidak akan berpengaruh dengan kedua tim. Sebab, Thailand dan Vietnam berada di puncak dan runner-up klasemen sementara setelah mengemas 6 poin dari 2 pertandingan yang memastikan mereka lolos ke Piala Asia U-23 tahun 2020.

Menurut pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, permainan Garuda Muda sebenarnya sudah seperti yang direncanakan. Dia menyayangkan gol Vietnam dari situasi bola mati.

“Ini pertandingan yang sangat menarik. Respons kami oke terhadap permainan Vietnam. Sayangnya kami kebobolan lewat set piece, bukan open play. Game plan kami sebetulnya berjalan baik, begitu juga dengan pergantian (pemain),” kata Indra kepada wartawan. (mid)