Ini Pengakuan Megawati yang Mengejutkan Jokowi di Rakornas PDI Perjuangan

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ini membahas persiapan pemenangan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019, Megawati Soekarnoputri dan Kyai Ma'ruf Amin (Foto: PDI Perjuangan Probolinggo)

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengaku pernah meminta posisi wakil presiden kepada Joko Widodo (Jokowi). Hal itu diungkapkannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDIP di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2018).

Megawati mengatakan, awalnya ia merasa lucu ketika mendengar nama Mahfud MD dan Ma’ruf Amin masuk menjadi kandidat bakal cawapres pendamping Jokowi. Sebab, kata Megawati, kedua kandidat tersebut merupakan rekannya di Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP).

“Saya bilang ke Pak Jokowi, yang ganteng-ganteng pada masuk nominasi, saya juga masuk nominasi boleh enggak?,” kata Megawati saat membuka Rakornas PDIP di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2018).

Menanggapi hal itu, kata Megawati, Jokowi pun sempat merasa kaget dan tertawa. Namun, Megawati mengungkapan pernyataan itu hanyalah sebagai guyonan belaka.

“Pak Jokowi ketawa dan nanya balik, Bu beneran apa gak? Saya bingung urusan politik disahkan ya harusnya guyon saja,” ujarnya.

PDIP tengah menggelar Rakornas dalam rangka pemenangan Pileg dan Pilpres 2019. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyebut Rakornas PDIP kali ini terasa istimewa. Ini karena dihadiri oleh bakal cawapres pendamping Jokowi, Ma’ruf Amin.

“Alhamdulillah Rakornas kali ini ada keistimewaan karena hadirnya KH Ma’ruf Amin yang ingin datang ke PDIP untuk bisa bersilahturahmi dengan anak-anak dari PDIP,” ujar Megawati. (*)