Ini Pesan BJ Habibie tentang Sepak Bola Indonesia

INDRA-SJAFRI-DAN-BJ-HABIBIE
Indra Sjafri (kanan) bersama (Alm) BJ Habibie. FOTO: DOKUMEN PRIBADI

JAKARTA – Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie wafat setelah menjalani perawatan, Rabu (11/9) petang. Habibie yang terkenal dengan pakar pesawat terbang, membuat Indra Sjafri sangat kehilangan.

Sebab, ada kenangan mendalam pada diri Habibie bagi Indra. Saat ini, Indra melatih Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2019.

Dikutip Bola.net, menurut Indra, Habibie yang merupakan salah satu tokoh idolanya. Beberapa kenangan tersebut ketika dia dan rombongan Bali United, klub besutannya waktu itu, diundang ke rumah Habibie. Peristiwa itu terjadi pada awal April 2016.

“Saya sangat berterima kasih, pernah diundang ke rumah beliau di Kuningan,” ucap Indra.

Habibie dan Indra berdiskusi soal masalah sepak bola. Menurut Indra, ada kesan kuat yang dia tangkap dari diskusinya dengan tokoh kelahiran 25 Juni 1936 tersebut.

“Beliau sangat baik. Dia pun sangat detail dalam menjelaskan segala sesuatu,” sambungnya.

Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Almarhum mengembuskan napas terakhir pada usia 83 tahun.

Indra juga mendapat petuah. “Habibie tak terlalu lekat dengan sepak bola. Namun, dalam pertemuan itu, saya sempat mendapat wasiat berharga,” terangnya.

Almarhum menasehatinya bahwa membangun sepak bola tak cukup dengan sekadar membenahi masalah teknis. Ada hal lain yang juga perlu diperhatikan.

“Beliau menasihati saya bahwa aspek moral dan spritual juga harus dibangun dalam membangun sepak bola,” tutupnya. (mid)

Berita Terkait